Fakta Unik Sungai Gangga India Paling Terkotor di Dunia, Tapi Dianggap Sungai Suci Jelmaan Dewa Pembersih Dosa

Fakta Unik Sungai Gangga India Paling Terkotor di Dunia, Tapi Dianggap Sungai Suci Jelmaan Dewa Pembersih Dosa

Sungai Gangga India terkotor di dunia.--

Fakta Unik Sungai Gangga India Paling Terkotor di Dunia, Tapi Dianggap Sungai Suci Jelmaan Dewa Pembersih Dosa

 

RAKYATBENTENG.COM - Pada tahun 2007, Sungai Gangga yang berada di negara India dinobatkan sebagai salah satu sungai paling terkotor di dunia. Salah satu sungai terpanjang di India ini terkontaminasi beragam limbah industri, limbah plastik juga termasuk limbah sesaji upacara adat umat Hindu.

 

BACA JUGA:Fakta Negara Norwegia dengan Matahari Tak Terbenam Selama 76 Hari, Dijuluki Negeri Matahari Tengah Malam

 

Dilansir dari berbagai sumber, saking tercemarnya Sungai Gangga, menurut Indian Council of Medical Research (ICMR), masyarakat yang masih mengonsumsi air dari sungai tersebut atau setidaknya tinggal dekat dengan Sungai Gangga sangat mungkin terkena penyakit kanker.

 

BACA JUGA:Bisa Jadi Anda Salah Satunya, Ini Ciri-Ciri Orang yang Cerdas yang Jarang Disadari

 

Namun disisi lainnya, banyak orang Hindu percaya bahwa air sungai ini memiliki sifat yang dapat membersihkan dosa dan memberikan kesembuhan.

 

BACA JUGA:Tak Banyak yang Tahu, Keistimewaan Meminta Maaf bagi Kesehatan Fisik dan Mental

 

Meski faktanya demikian, Sungai Gangga di India ini tetap dianggap suci oleh umat agama Hindu. Sebagai sungai suci jelmaan Dewa, tak sedikit masyarakat tetap saja mandi menyucikan diri, mencuci pakaian, hingga melakukan ritual keagamaan seperti mengapungkan mayat di sungai ini. Memiliki peran penting dalam budaya dan agama Hindu. Bagi umat agama Hindu juga menjuluki Sungai Gangga sebagai Anak Benua.

 

BACA JUGA:Hewan Ini Santuy Berjalan di Atas Silet Tanpa Terluka, Punya Ilmu Kebal? Cek Faktanya

 

Sungai Gangga berasal dari Pegunungan Himalaya dan mengalir sejauh 2.525 km ke Teluk Bengal. Sungai ini melintasi beberapa negara bagian India, termasuk Uttarakhand, Uttar Pradesh, Bihar, dan Bengal Barat.

 

Di sepanjang Sungai Gangga terdapat banyak kota suci, termasuk Haridwar, Varanasi, dan Prayagraj. Ribuan orang melakukan perjalanan ke tempat-tempat ini setiap tahunnya untuk mengambil ritual mandi di sungai ini dan melakukan upacara keagamaan.

 

Sebagai sungai terbesar di India, Sungai Gangga memainkan peran penting dalam ekonomi India, terutama dalam hal pertanian dan industri.

 

Sungai Gangga memiliki beberapa spesies ikan, termasuk ikan mahseer, ikan teratai, dan ikan lal pari. Namun, populasi ikan di sungai ini telah menurun secara drastis karena perburuan liar dan polusi.

 

Sungai Gangga juga merupakan habitat bagi beberapa spesies hewan langka, seperti buaya gharial dan lumba-lumba sungai Gangga. Populasi keduanya telah menurun secara signifikan akibat hilangnya habitat alami dan perburuan liar.

Sungai Gangga memiliki sejumlah besar delta yang merupakan daerah rawa-rawa dan juga merupakan habitat bagi beberapa spesies hewan yang langka, seperti gajah, harimau Bengal, dan buaya gharial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: