Dibentuk Pemerintah Belanda untuk Melawan Jepang, Ini Sejarah Panjang Hansip dan Seragam Hijaunya

Dibentuk Pemerintah Belanda untuk Melawan Jepang, Ini Sejarah Panjang Hansip dan Seragam Hijaunya

Pasukan hansip sekitar tahun 1960--

Dibentuk Pemerintah Belanda untuk Melawan Jepang, Ini Sejarah Panjang Hansip dan Seragam Hijaunya

RAKYAT BENTENG.COM - Warna hijau tak lagi jadi warna kebesaran bagi para petugas Satlinmas atau yang dulunya bernama Pertahanan Sipil atau Hansip. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah melakukan sosialisasi perubahan seragam untuk Satlinmas.

Adapun perubahan seragam dan atribut Satlinmas telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 11 Tahun 2023 tentang sarana dan prasarana bagi Satgas Linmas dan Satlinmas.

“Dengan adanya perubahan paradigma dan berlakunya Permendagri Nomor 11 Tahun 2023 tentang Sarana dan Prasarana bagi Satgas Linmas dan Satlinmas, maka Kepmendagri Nomor 36 Tahun 1979 Tentang Pakaian Seragam dan Atribut Pertahanan Sipil (Hansip) yang mengatur pakaian hijau Satlinmas secara resmi dicabut dan tidak berlaku lagi,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA dalam Keterangannya di Jakarta dilansir dari laman kemendagri.go.id.

Tahukah kamu bahwa hansip dengan seragam hijaunya memiliki sejarah panjang di Negeri ini, bahkan hansip sudah ada sejak Indonesia belum merdeka. 

Dihimpun dari berbagai sumber, hansip pada awalnya dibentuk di era pemerintahan Hindia Belanda untuk menghadapi serangan dari Jepang sekitar tahun 1939.

Lucht Bescherming Dients (LBD), itulah nama awalnya. Tujuan dibentuk LBD sebagai tim yang bereaksi cepat menginformasikan dan melindungi masyarakat dari serangan udara. Selain itu, satuan LBD memiliki tugas sebagai pemadam kebakaran, penyamaran, pertolongan pertama penderita kecelakaan, pengungsian dan tugas lain yang berhubungan dengan keselamatan masyarakat.

BACA JUGA:Bantu Atasi Stunting dan Gizi Buruk, Kodim 0407/KB Giatkan Program Dapur Masuk Sekolah

BACA JUGA:Seragam Hansip atau Satlinmas Tak Lagi Berwarna Hijau, Ini Penampakan Seragam Barunya

BACA JUGA:Link Akses PIP Kemendikbudristek September 2023, Cek Nama-nama Penerima Lewat Aplikasi SiPintar Berikut Ini

Sebagai sebuah organisasi, LBD punya struktur yang jelas dalam pemerintahan pusat hingga daerah, di bawah pejabat sipil. LBD kemudian berubah nama menjadi hansip ketika Jepang berkuasa sekitar tahun 1943.

Pada waktu itu hansip diarahkan kepada pertahanan dan untuk pengerahan rakyat total. Di samping itu juga dibebani penjagaan keamanan, pengumpulan dana, pengaturan distribusi bahan makanan dan sebagainya.

Hansip dibentuk dari tingkat pusat sampai tingkat daerah yang dikoordinir oleh pejabat-pejabat pemerintahan sipil. Bahkan pada zaman kependudukan Jepang, organisasi ini dibentuk sampai lingkungan masyarakat terkecil dalam bentuk Gumi atau RT saat ini.

Setelah Indonesia merdeka, tepatnya pada 19 April 1962, Hansip dilindungi payung hukum di bawah keputusan Wakil Menteri Pertama Urusan Pertahanan/Keamanan Nomor MI/A/72/62 tentang Peraturan Pertahanan Sipil. Tanggal tersebut lalu diperingati sebagai hari ulang tahun Hansip di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: