Batasan Menyantap Kepiting dan Udang agar Kesehatan Tetap Terjaga

Batasan Menyantap Kepiting dan Udang agar Kesehatan Tetap Terjaga

Ilustrasi--

Batasan Menyantap Kepiting dan Udang agar Kesehatan Tetap Terjaga

RAKYAT BENTENG.COM - Udang dan kepiting adalah dua jenis makanan laut yang digemari banyak orang dan menjadi salah satu hidangan khas daerah pesisir seperti Provinsi Bengkulu. Rasanya yang gurih dan tekstur dagingnya yang lembut membuat orang jadi tidak bisa berhenti menyantapnya. Namun, jangan lupa, udang dan kepiting juga digadang-gadang sebagai hidangan laut yang berkolesterol tinggi. Jadi kamu disarankan untuk tidak mengonsumsi kedua jenis makanan laut ini secara berlebihan. 

Kandungan Kolesterol dalam Udang dan Kepiting :

Udang

Udang memiliki 85 persen kandungan kolesterol yang lebih tinggi dibanding jenis seafood lainnya seperti ikan. Dalam 100 gram udang mentah saja, terdapat 166 mg kolesterol. Jumlah tersebut sudah lebih dari separuh kebutuhan kolesterol harian kamu.  Bayangkan bila kamu mengonsumsi udang goreng, tentu kandungan kolesterolnya lebih tinggi lagi. Belum lagi kamu juga akan mendapatkan tambahan kolesterol dari makanan lainnya yang kamu konsumsi hari itu. Itulah mengapa kamu disarankan untuk tidak mengonsumsi udang terlalu banyak.

Meskipun termasuk makanan tinggi kolesterol, bukan berarti kamu tidak boleh makan udang. Bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, nutrisi yang terkandung dalam udang juga baik untuk kesehatan. Dilansir dari Medical News Today, udang bermanfaat untuk meningkatkan kolesterol baik atau kolesterol HDL yang penting untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Kepiting

Kepiting memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah dibanding udang. Dalam 100 gram kepiting, terdapat 55-59 mg kolesterol. Namun, pada kepiting berjenis blue crab, kandungan kolesterolnya sebanyak 97 mg. Punya daging yang teksturnya mirip seperti udang, kepiting bisa dibilang lebih aman untuk dikonsumsi tanpa perlu khawatir kolesterol naik. Selain itu, kepiting juga punya kandungan protein yang tinggi namun rendah lemak dan kalori.

BACA JUGA:Jangan Remehkan Manfaat Kumis Kucing Bagi Kesehatan, Salah Satunya Membersihkan Racun

BACA JUGA:Sederet Efek Buruk Konsumsi Makanan Cepat Saji Berlebihan, Jangan Diabaikan Bestie!

Namun, kepiting juga mengandung kadar natrium yang tinggi, sehingga orang yang mengidap hipertensi disarankan untuk membatasi makan kepiting agar tidak berlebihan.

Batasan Makan Udang dan Kepiting yang Aman

Dilansir dari halodoc.com, Kementerian pertanian Amerika Serikat, yaitu USDA menganjurkan untuk mengonsumsi makanan laut seperti kerang, kepiting, atau udang sekitar 8 ons atau 226 gram dalam seminggu. Untuk udang, ada baiknya kamu membatasi asupan sekitar 85 gram dalam sehari.

Kamu juga sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsi udang. Dalam seminggu, sebaiknya batasi sekitar 2-3 kali saja. Sama seperti udang, batasi mengonsumsi kepiting 3-4 kali saja dalam seminggu. Satu porsi kepiting seberat 85 gram dapat menyumbang sekitar 97 mg kolesterol dalam sehari.

Kalau kamu suka mengonsumsi makanan laut, usahakan untuk mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Kamu juga disarankan untuk berolahraga secara teratur, mengurangi kebiasaan merokok dan mengonsumsi obat penurun kolesterol secara rutin bila kamu mengidap hipertensi.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: