Jangan Diabaikan Jika Mengalami 5 Tanda Ini di Bagian Kaki, Gejala Kolesterol Tinggi

Jangan Diabaikan Jika Mengalami 5 Tanda Ini di Bagian Kaki, Gejala Kolesterol Tinggi

Ilustrasi--

Jangan Diabaikan Jika Mengalami 5 Tanda Ini di Bagian Kaki, Gejala Kolesterol Tinggi

RAKYAT BENTENG.COM - Kolesterol adalah lemak yang diproduksi oleh tubuh, dan juga berasal dari makanan hewani. Senyawa ini membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. 

Dalam kadar yang sesuai, kandungan tersebut dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel-sel baru. Gunanya agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. 

Selain itu, senyawa ini juga tubuh butuhkan untuk proses pencernaan, produksi hormon, dan membentuk vitamin D. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi, maka hal tersebut berbahaya bagi tubuh karena akan menyebabkan berbagai penyakit dan komplikasi.

Kadar kolesterol dalam darah bervariasi. Tergantung apakah memiliki risiko tinggi atau rendah untuk terkena penyakit pembuluh arteri. Sementara itu, pemeriksaan terkait kadar atau jumlah kolesterol dalam darah bisa diukur dengan melalui tes kolesterol menyeluruh 

Jika kadarnya dalam darah melampaui kadar normal, maka kondisi ini disebut sebagai hiperkolesterolemia atau kolesterol tinggi. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit serius

Kolesterol tinggi dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung, stroke, dan penyakit arteri perifer. Namun, banyak orang tidak menyadari tingkat kolesterol tinggi karena penyakit ini tidak memiliki gejala yang khas.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber ada sejumlah tanda kolesterol tinggi di kaki yang perlu diperhatikan :

BACA JUGA:WASPADA! Penyakit-Penyakit Ini Rawan Menyerang di Tengah Cuaca Panas Bedengkang

BACA JUGA:Sederet Efek Buruk Konsumsi Makanan Cepat Saji Berlebihan, Jangan Diabaikan Bestie!

1. Nyeri Kaki

Nyeri pada kaki menjadi gejala yang sering muncul karena kolesterol tinggi. Mengutip laman Health, rasa nyeri ini terjadi ketika arteri tersumbat kolesterol, sehingga aliran darah ke kaki menjadi terhambat.

Nyeri ini bisa terjadi di bagian kaki mana saja, termasuk betis. Biasanya, kondisi tersebut muncul setelah seseorang melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki atau menaiki tangga.

2. Kaki Dingin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: