Bukan Es, Ini Makanan yang Recommended Dikonsumsi saat Cuaca Panas Bedengkang

Bukan Es, Ini Makanan yang Recommended Dikonsumsi saat Cuaca Panas Bedengkang

Ilustrasi Buah Semangka--

Bukan Es, Ini Makanan yang Recommended Dikonsumsi saat Cuaca Panas Bedengkang

RAKYAT BENTENG.COM - Suhu panas yang menyengat tidak hanya menyebabkan badan menjadi lemas dan tidak nyaman, tetapi  juga dapat mengakibatkan tubuh rentan terserang berbagai penyakit. Salah satu dampak cuaca panas bedengkang adalah tubuh mengalami demam dan dehidrasi.

Saat tubuh kekurangan cairan, maka volume dan tekanan darah juga akan menurun. Akibatnya, organ penting tubuh tidak mendapat pasokan oksigen dan nutrisi ideal. Kondisi ini dapat menyebabkan syok hipovolemik atau kondisi darurat akibat hilangnya cairan tubuh.

Dirangkum dari berbagai sumber, direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah-buahan membantu tubuh untuk pulih dan mengurangi dehidrasi. Berikut daftarnya :  

1. Kelapa

Sudah banyak yang tahu, air kelapa dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang karena kaya akan kandungan elektrolit. 
Elektrolit sendiri merupakan mineral dalam tubuh yang berperan dalam menyeimbangkan jumlah air dan tingkat asam-basa di dalam tubuh serta menjaga fungsi kerja saraf, otot, jantung, dan otak. 
Namun ingat, jangan minum air kelapa terlalu banyak kalau Anda tak mau kembung. 

2. Pisang

Buah pisang ternyata juga berkhasiat untuk menambah simpanan elektrolit saat tubuh mengalami demam terdampak cuaca panas. Pisang mengandung kalium, salah satu elektrolit utama yang sangat dibutuhkan tubuh.
Selain itu, pisang juga bisa menjadi penambah energi. Tekstur buah yang lembut dan lunak pun mudah dicerna oleh perut sehingga cocok untuk orang yang sedang demam.
Rasanya yang manis menjadikan pisang sebagai salah satu makanan yang cocok dikonsumsi saat nafsu makan berkurang.

3. Buah beri

Buah beri, termasuk stroberi, blueberry, dan raspberry, tinggi akan kandungan antioksidannya. Sudah ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa antioksidan berperan dalam meredakan gejala pilek atau flu biasa.
Antioksidan mencegah kerusakan sel-sel kekebalan tubuh dengan menetralkan radikal bebas. Bila jumlahnya di dalam tubuh terlalu banyak, radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh yang sehat dan menimbulkan penyakit.
Buah beri juga adalah salah satu sumber vitamin C yang baik. Vitamin C berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele! Ini Ciri-Ciri Ginjal Bermasalah dan Tips Mencegahnya

BACA JUGA:Sederet Efek Buruk Konsumsi Makanan Cepat Saji Berlebihan, Jangan Diabaikan Bestie!

4. Alpukat

Bagi Anda yang ingin asupan buah yang cukup mengenyangkan, alpukat bisa menjadi pilihan. Buah ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal, serat, vitamin, dan mineral.
Asam oleat, salah satu jenis asam lemak jenuh tunggal dalam alpukat, dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh. 

5. Buah sitrus

Buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon, dan jeruk limau gedang mengandung flavonoid dan vitamin C yang tinggi.
Kedua zat tersebut dikenal akan khasiatnya dalam mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh yang dapat meringankan demam.
Beberapa penelitian menunjukkan, kandungan flavonoid bernama quercetin yang ada pada buah sitrus bisa membantu mengobati infeksi rhinovirus. Perlu diketahui, rhinovirus adalah salah satu jenis virus yang paling sering menyebabkan flu. 

6. Semangka

Selain menyegarkan, buah semangka cocok dikonsumsi saat cuaca panas. Semangka memiliki sejumlah manfaat untuk orang yang sedang demam. Buah semangka terdiri dari 92% air. Mengonsumsinya dapat menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi selama demam.
Sama seperti buah lainnya, semangka juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan senyawa likopen yang dapat membantu meredakan demam.

7. Timun

 

Ketimun adalah sumber kalium, fosfor, magnesium, dan sedikit kalsium. Juga mengandung nutrisi khusus yang disebut cucurbitacins, yang dapat memiliki efek antidiabetik. Air timun juga merupakan minuman yang cocok diminum saat panas. Minuman ini juga populer bagi mereka yang tidak menyukai rasa air biasa dengan menjadikannya infused water sebagai penyegar dan minuman yang berkhasiat.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: