Keseringan Buang Air Kecil Jangan Anggap Sepele! Bisa Jadi Anda Mengalami Penyakit Ini

Keseringan Buang Air Kecil Jangan Anggap Sepele! Bisa Jadi Anda Mengalami Penyakit Ini

ilustrasi--

Keseringan Buang Air Kecil Jangan Anggap Sepele! Bisa Jadi Anda Mengalami Penyakit Ini 

RAKYAT BENTENG.COM - Jika frekuensi buang air kecil Anda sudah tidak normal alias terlalu sering ada baiknya Anda berhati-hati dan segera memeriksakan diri. Sebab bisa jadi kondisi tersebut menjadi pertanda penyakit yang tidak boleh disepelekan. 

Seperti yang sudah kita ketahui, sebagian besar kandungan dalam tubuh kita adalah air. Agar kadar cairan dalam tubuh kita tetap seimbang, tubuh akan mengatur berapa banyaknya air yang harus dibuang. Itulah mengapa bila kamu merasa haus, artinya tubuh sedang membutuhkan cairan.

Sebaliknya bila cairan dalam tubuh sudah cukup, tubuh akan membuang kelebihan cairan tersebut. Salah satu caranya adalah melalui urine.

Normalnya, rata-rata orang buang air kecil dalam sehari sekitar 4–8 kali atau sebanyak 1–1,8 liter. Namun, sebagian orang bisa buang air kecil lebih sering dari frekuensi tersebut, bahkan sampai perlu bangun di malam hari untuk buang air kecil. Sering buang air kecil di malam hari biasanya disebabkan karena terlalu banyak minum menjelang jam tidur. Namun, bila kamu sering buang air kecil padahal hanya minum sedikit, coba perhatikan apakah ada gejala lain yang mungkin kamu rasakan. 

Berikut ini beberapa kondisi medis yang mungkin bisa menjadi penyebab sering buang air kecil dikutip dari laman halodoc.com

BACA JUGA:Sederet Efek Buruk Konsumsi Makanan Cepat Saji Berlebihan, Jangan Diabaikan Bestie!

BACA JUGA:Dipercaya Pembawa Keberuntungan, Inilah Sederet Fakta Menarik Kucing Putih

1. Infeksi Saluran Kemih

Bila sering buang air kecil disertai dengan gejala lain, seperti demam dan rasa sakit atau tidak nyaman pada perut, maka kondisi tersebut bisa jadi pertanda infeksi saluran kemih.

2. Diabetes

Sering buang air kecil dengan jumlah urine yang keluar sangat banyak seringkali merupakan gejala awal dari diabetes tipe 1 dan tipe 2. Kondisi ini terjadi karena tubuh mencoba untuk membuang glukosa yang tidak terpakai melalui urine.

3. Gangguan Prostat

Ukuran prostat yang membesar bisa menekan uretra dan menghalangi aliran urine. Kondisi ini menyebabkan dinding kandung kemih mudah mengalami iritasi. Akibatnya, kandung kemih akan berkontraksi, bahkan ketika hanya ada sedikit urine yang tertampung. Hal inilah yang membuat kamu jadi sering ingin buang air kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: