Bukit Batu di Bengkulu Ini Jadi Lokasi Panjat Tebing Favoritnya Pecinta Alam, Objek Wisata Terpopuler 2018

Bukit Batu di Bengkulu Ini Jadi Lokasi Panjat Tebing Favoritnya Pecinta Alam, Objek Wisata Terpopuler 2018

dok__rakyatbenteng.disway.id--

Bukit Batu di Bengkulu Ini Jadi Lokasi Panjat Tebing Favoritnya Pecinta Alam, Objek Wisata Terpopuler 2018

RAKYAT BENTENG.COM - Terletak di Desa Durian Demang, Kecamatan Karang Tinggi, Bukit Kandis merupakan salah satu dari sederetan objek wisata andalan Bengkulu Tengah dan Provinsi Bengkulu. 

Bukit Kandis menyimpan pesona alam perbukitan batu yang luar biasa menawan. Kawasan wisata alam satu ini menjadi lokasi olahraga panjat tebing favorit sejak dulu, selain juga untuk kegiatan hiking atau pendakian, perkemahan, offroad dan juga wisata fotografi. 

Berkat keindahannya itulah Bukit Kandis dinobatkan sebagai Objek Wisata Terpopuler. Menempati posisi ke-3 untuk kategori Wisata Olahraga dan Petualangan Indonesia dalam ajang penghargaan tahunan Anugerah Pesona Indonesia (API) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata RI.

Dahulunya di sekitar bukit banyak ditumbuhi oleh pohon asam kandis, itulah mengapa lokasi ini dinamakan dengan bukit kandis. Semenjak berlangsungnya aktivitas penambangan batu pohon asam kandis pun berkurang drastis. Selain pohon asam kandis, dulunya pohon durian juga disebut banyak tumbuh di sekitar kawasan bukit kandis. 

Batuan bukit kandis adalah dari jenis batuan andesit. Batuan andesit sendiri merupakan jenis batuan yang sangat keras yang biasa digunakan untuk membuat patung ataupun candi.

BACA JUGA:Aktif Berorganisasi Diutamakan, Berikut Syarat dan Jadwal Seleksi Rekrutmen PCPM Bank Indonesia Angkatan 38

BACA JUGA:Wow! Baru 4 Hari Digelar, Polisi Tilang 10.708 dan Tegur 73.283 Pelanggar Lalin dalam Operasi Zebra 2023

Namun aktivitas penambangan skala besar sudah ditiadakan sejak sekitar tahun 2018 lalu. Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup bersama-sama Pemerintah Daerah mentransformasi lokasi tersebut menjadi kawasan wisata alam.

Pemerintah melakukan upaya pemulihan lahan bekas tambang itu agar memberikan manfaat ekologis dan ekonomis kepada masyarakat.

Sayangnya perhatian terhadap pengelolaan objek wisata bukit kandis semakin berkurang saja. Sampai-sampai belum lama ini salah seorang TikToker Bengkulu, Ary Rahmad menyampaikan kritikannya atas kondisi terkini bukit kandis lewat video yang diunggahnya. 

"Kurangnya perhatian dari Pemerintah setempat pada akhirnya membuat tempat ini (Bukit Kandis, red) jadi seperti ini. Ditambah kurangnya kepedulian wisatawan yang datang menyisakan mantan-mantan (Sampah, red)," kata Ary.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: