Jangan Remehkan Lulusan Paket C! Pria Ini Buktikan Hasil Memimpin Desa

Jangan Remehkan Lulusan Paket C! Pria Ini Buktikan Hasil Memimpin Desa

M Yusir, Kades Gajah Mati--

KATA siapa untuk menjadi seorang pemimpin atau orang berharta mesti memiliki background pendidikan tinggi?  jika di tingkat nasional ada mantan Menteri Kelautan dan Perikanan yang juga pengusaha sukses, Susi Pudjiastuti yang hanya mengantongi ijazah pendidikan paket C, di Desa Gajah Mati, Kecamatan Semidang Lagan ada M Yusir. Ya, Yusir adalah Kades Gajah Mati yang latar belakang pendidikannya Paket C atau setara SMA. 

Dilahirkan dan dibesarkan di keluarga yang berprofesi sebagai petani, pendidikan dikalahkan oleh keahlian dan pekerjaan. Jika dilihat dari usia Yusir saat ini 50 tahun, artinya masa produktif Yusir idealnya mengenyam bangku sekolah sekitar tahun 1970 an. 

BACA JUGA:Maksimalkan DD Tingkatkan Infrastruktur Agar Pendapatan Petani Rindu Hati Meningkat

Meski hanya lulusan Paket C namun kepercayaan masyarakat Gajah Mati bulat kepada Yusir, hingga mengantarkan ia duduk di kursi kades tahun 2019 lalu. Pelantikan Yusir serentak dengan 47 kades terpilih lain hasil Pilkades oleh Bupati Bengkulu Tengah (Benteng) saat itu, Dr.H Ferry Ramli, SH, MH. 

"Alhamdulillah dipercaya oleh masyarakat untuk mengemban tugas sebagai Kepala Desa Gajah Mati. Sejak tahun 2019 sudah banyak program yang kami laksanakan. Kesemuanya itu untuk desa dan masyarakat, terutama para petani kita," ujar Yusir. 

Diakui Yusir bahwa tidaklah mudah menjadi orang nomor wahid di desa. Apalagi Yusir tidak didukung dengan pendidikan yang mumpuni. Bermodalkan niat baik untuk membangun desa, diperkuat dengan keyakinan dan dukungan orang-orang terdekat Yusir pun langgeng memimpin Desa Gajah Mati hingga sekarang. 

BACA JUGA:Bercita-cita Jadi Guru, Syaifurohman Lebih Dipercaya Masyarakat Jadi

"Saya itu petani karet, kadang juga bersawah. Inisiatif saya mencalon dulu itu karena ingin membantu masyarakat. Terlebih saya melihat setiap ada bantuan penyalurannya kurang merata.  Alhamdulillah setelah saya duduk sudah banyak perubahan. Rekan-rekan perangkat desa dan BPD kami saling mendukung agar apa yang sudah diprogramkan bisa terlaksana dengan baik," tandas Yusir.(ae3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: