Desa Dusun Anyar Tuntaskan Penyaluran BLT DD Tahun 2022, Ini Kriteria Penerima Tahun Depan

Desa Dusun Anyar Tuntaskan Penyaluran BLT DD Tahun 2022, Ini Kriteria Penerima Tahun Depan

Pemdes Dusun Anyar Menuntaskan Penyaluran BLT DD di Tahun Ini. Tampak Warga Menerima Uang Bantuan Secara Tunai--

RAKYAT BENTENG.COM - Pemdes Dusun Anyar, Kecamatan Pondok Kubang telah menuntaskan kewajibannya menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) kepada warga yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Untuk diketahui, di desa ini jumlah KPM sebanyak 30, dimana masing-masing KPM menerima uang bantuan Rp 900 ribu. 

Disampaikan Kades Dusun Anyar, Thamrin bahwa teknis penyaluran seperti sebelumnya, warga diundang ke kantor desa. Setelah seluruhnya berkumpul, uang bantuan diserahkan secara bergantian dengan disaksikan perangkat dan undangan lain. 

‘’Ya, uangnya diserahkan secara tunai. Karena ini lebih membantu masyarakat, agar tidak susah payah pergi ke bank atau tempat lainnya,’’ kata Thamrin.

Informasi penting, masih disampaikan Thamrin, untuk tahun 2023 jumlah KPM akan disesuaikan dengan pagu BLT DD yang ditentukan oleh pemerintah pusat. 

Merujuk pada Peraturan Menteri Desa (Permendes), alokasi pagu anggaran untuk pelaksanaan program BLT DD di Tahun Anggaran 2023 maksimal desa hanya bisa mengalokasikan 25 persen dari total pagu anggaran DD yang diterima. 

Pihak desa pun akan memverifikasi kembali penerima. Adapun kriteria penerima BLT DD tahun depan terdiri dari, miskin ekstrim, lalu mempunyai penyakit kronis dan menahun, yang ketiga lansia yang tinggal sendiri di rumah dan terakhir penderita difabel. 

‘’Dikarenakan dari pusat ada perubahan-perubahan, kita akan lakukan rapat terlebih dahulu. Agar tidak menimbulkan kesalahpahaman di antara warga nantinya," pungkas Thamrin.(ae2/ae3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: