Bantuan Sembako Senilai Rp 112,8 Juta Hangus, 564 KPM Gigit Jari

Bantuan Sembako Senilai Rp 112,8 Juta Hangus, 564 KPM Gigit Jari

--

RAKYATBENTENG.COM – Bantuan program sembako dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI bagi 564 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) untuk periode Agustus informasinya tak jadi disalurkan alias hangus. Hal ini diduga lantaran akibat adanya kelalaian administrasi yang dilakukan oleh Pemkab Benteng melalui Dinas Sosial (Dinsos). Sementara itu, nilai bantuan yang tak jadi disalurkan mencapai angka Rp 112.800.000. Dimana untuk satu orang KPM, bakal menerima bantuan sebesar Rp 200 ribu.
Data yang berhasil diperoleh, pada Agustus lalu, manajemen BRI telah mengirimkan surat ke Dinsos Benteng dengan prihal pemberitahuan pendistribusian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) program sembako. Namun, pasca surat diterima, Dinsos Benteng tak kunjung menindaklanjuti hal tersebut. Tepatnya pada akhir November, manajemen BRI kembali mendatangi Dinsos Benteng terkait hal tersebut. Namun, lantaran waktu yang terlalu lama, akhirnya terbit surat dari Kemensos RI terkait dengan pembekuan bantuan sembako tahun 2022.

BACA JUGA:Terduga Pemeras Mantan Sekdes Bukan Wartawan, Motifnya Balas Dendam


Salah seorang Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Ali mengatakan jika dirinya tidak mengetahui pasti adanya informasi tersebut.
‘’Saya kurang tahu. Coba tanyakan langsung ke Dinsos Benteng,’’ kata Ali.
Sementara, TKSK lainnya, Oma menyampaikan hal yang sama. Dirinya meminta agar informasi lebih lanjut dapat diperoleh langsung dari Dinsos Benteng.
‘’Kalau soal itu, saya kurang tahu. Silakan ke Dinsos Benteng,’’ pungkas Oma.

BACA JUGA:Perpustakaan Kini dalam Genggaman, Segera Download Aplikasi iBenteng


Terpisah, dikonfirmasi Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinsos Benteng, Hamidah Apriani Ritha, S.Psi menuturkan jika dirinya tidak menerima langsung surat yang diberikan oleh BRI tersebut. Hanya saja, informasi yang diterima saat ini, telah dibekukannya dana untuk penyaluran bantuan sembako bagi warga Benteng.
‘’Surat dari BRI saya tidak terima langsung. Memang informasi sekarang, bantuan program sembako itu batal disalurkan atau sudah dibekukan oleh kementerian,’’ pungkas Ritha.(fry)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: