Swakelola, Jalan Rabat Beton Dibangun

Swakelola, Jalan Rabat Beton Dibangun

Secara swakelola jalan desa dan JUT di Desa Padang Brunai Kecamatan Bang Haji dibangun rabat beton. Tampak kades, perangkat desa, BPD, warga berfoto bersama. foto: dok RBt--

RAKYATBENTENG.COM - Pembangunan infrastruktur untuk melancarkan akses jalan bagi masyarakat di Desa Padang Burnai Kecamatan Bang Haji Kabupaten Bengkulu Tengah terus dilakukan. 

Baru-baru ini, Pemerintah Desa (Pemdes) Padang Bernai telah menyelesaikan pembangunan jalan desa dan Jalan Usaha Tani (JUT) dalam bentuk rabat beton untuk mendukung mobilisasi masyarakat dalam beraktivitas dan mengangkut hasil panen.

Kades Padang Burnai, Ediyanto mengungkapkan pihaknya telah menyelesaikan jalan rabat beton yang dibangun secara swakelola oleh masyarakat sepanjang 175 meter. 

Jalan itu dibangun dari pemukiman desa menuju ke perkebunan masyarakat.

BACA JUGA:Sukseskan Pemilu, KPU Gandeng Media

BACA JUGA:Pejabat Kemendagri Ketuai Pansel Lelang JPT Pratama Sekdakab Bengkulu Tengah

‘’Alhamdulillah pekan ini (kemarin, red) kita telah menyesuaikan pembangunan jalan desa dan JUT. Untuk anggarannya, langsung dari dana desa sebesar Rp 120 juta. Lama pekerjaan sekitar satu bulan. Untuk pekerjaannya, kita membentuk tim dan melakukan secara gotong-royong bersama masyarakat,’’ jelas Ediyanto.

Ediyanto menambahkan, tim pelaksanaan mempersiapkan rancangan pembangunan jalan dan melakukan pengumpulan material seperti batu, membeli semen dan besi dan lainnya. 

Untuk pelaksanaan pembangunan tim di bantu warga.

‘’Pembangunan ini tujuan utamanya agar masyarakat desa bisa dengan mudah mengangkut hasil panen. Mempermudah mobilisasi masyarakat khusus anak sekolah, sebab apabila sedang hujan, jalan berlumpur dan menjadi salah satu penghalang anak-anak ingin pergi sekolah,’’ kata Edi.

BACA JUGA:Beli Bio Solar Diperbolehkan, Demo Ratusan Sopir Dump Truk Batal

BACA JUGA:Diduga Langgar Permendagri, Pemkot Terancam Disanksi

Ediyanto mengungkapkan, pembangunan ini telah diresmikan bersama-sama dengan perangkat desa, babinkamtibmas, pendamping desa, dan tokoh masyarakat desa.

‘’Untuk tahun depan kita akan kembali rencanakan pembangunan jalan desa dan JUT agar pembangunan jalan di desa bisa sepenuhnya diperbaiki,’’ demikian Edi.(cw1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: