Puting Beliung Melanda, 34 Unit Rumah Terdampak, Kerugian Rp.500 Juta-an

Puting Beliung Melanda, 34 Unit Rumah Terdampak, Kerugian Rp.500 Juta-an

Sebanyak 34 rumah warga Desa Ujung Karang terdampak angin puting beliung. Baik mengalami rusak berat maupun rusak ringan. foto: dok RBt --

RAKYATBENTENG.COM – Pemerintah Desa (Pemdes) Ujung Karang Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mendapatkan data terbaru terkait dengan jumlah warga terdampak angin puting beliung pada Rabu 20 September 2022 lalu. 

Total, sebanyak 34 rumah terdampak bagi yang mengalami kerusakan berat maupun ringan. 

Ditaksir, kerugian mencapai Rp 500 juta.

Kades Ujung Karang, Taswin mengatakan, berdasarkan laporan yang berhasil dihimpunan, secara keseluruhan 34 rumah yang terdampak. 

Rinciannya, 3 rumah rusak total, 5 rumah rusak berat, 4 rumah sedang dan 22 rumah rusak ringan.

BACA JUGA:Minat Jadi Anggota Panwascam, Catat Tanggal Pendaftaran Dibuka

BACA JUGA:Diduga Cabuli Anak Dibawah Umur, Pria Ini Dibekuk Polisi

‘’Untuk korban yang tergolong rusak total memang tidak bisa dihuni lagi dan hingga kini masih menumpang di rumah tetangga dan saudaranya. Sedangkan rusak berat itu sebagai rumah dan atapnya hancur diterjang badai, sedangkan rusak sedang dan ringan atap serta sebagian kecil rumah tertimpa pohon,’’ jelas Taswin.

Untuk total kerugian, lanjut Taswin, belum bisa secara rincinya, namun dapat diperkirakan dari kerusakan total dan berat mencapai Rp 500 juta lebih, belum lagi ditambah rusak ringan.

‘’Saat ini baru dalam proses pendataan, baik dari desa maupun beberapa instansi terkait. Untuk bantuan yang masuk ke desa baru dari Dinas Sosial Benteng. Itu juga baru terpal tiga unit dan beberapa dus sembako. Kalau bantuan yang lainnya belum ada yang masuk. Hanya saja pendataan terus dilakukan dari berbagai instansi,’’ ungkap Taswin.

Sementara itu, warga yang rumahnya terdampak, Muhammad Ramadan mengungkapkan, saat ini ayahnya bernama Nurdin sudah dibawa ke rumah saudaranya di Desa Pulau Panggung. 

BACA JUGA:STaB Nilai Ada Dugaan Kejanggalan Luas dan Batasan HGU PT. BNT

BACA JUGA:Lelang JPT Pratama Sekda Segera Dimulai, Lelang Kadisdikbud Menyusul

Diketahui pada saat kejadian, ayahnya nyaris tertimpa bangunan lantaran sedang mengalami sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: