Sering Konsumsi Cuka Apel? Hati-hati Efek Sampingnya!

Sering Konsumsi Cuka Apel? Hati-hati Efek Sampingnya!

Cuka apel populer digunakan secara luas untuk menjaga kesehatan tubuh --Foto: https://healthychoice.co.id--

RAKYATBENTENG.COM - Cuka apel populer digunakan secara luas untuk menjaga kesehatan tubuh. Manfaatnya sangat banyak, mulai dari membantu menurunkan berat badan hingga mengurangi risiko penyakit kanker. 

Namun, Anda perlu sadar bahwa cuka sari apel yang difermentasi ini dapat menimbulkan efek samping yang merugikan bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Berikut adalah beberapa efek samping yang perlu diwaspadai.

BACA JUGA:Laptop ASUS ExpertBook B1 Diluncurkan, Hasil Kolaborasi dengan Mitra Lokal

BACA JUGA:Segera Tayang di Bioskop 24 Oktober 2024, Intip Sinopsis dan Para Pemain Film Sang Pengadil

1. Merusak Enamel Gigi

Makanan dan minuman yang mengandung asam dapat menyebabkan kerusakan pada enamel gigi. Kandungan asam asetat dalam cuka apel bukan hanya dapat melemahkan enamel gigi, tetapi juga berpotensi mengurangi mineral. 

Akibatnya, kerusakan gigi bisa dialami oleh seseorang. Sebuah studi dalam jurnal medis "Clinical Laboratory" menyatakan bahwa asam berperan dalam erosi gigi.

Menurut ahli diet Melissa Groves, RDN, LD, dari Amerika Serikat, penyusutan enamel gigi dapat meningkatkan sensitivitas gigi dari waktu ke waktu. 

Pernyataan ini didukung oleh penelitian dari National Institute of Dental and Craniofacial Research tentang sensitivitas gigi dan rasa sakit akibat kerusakan gigi yang semakin parah seiring berjalannya waktu. 

Melissa merekomendasikan untuk minum air putih setelah mengonsumsi cuka apel agar gigi terlindungi dari paparan asam asetat.

BACA JUGA:Chery Bakal Bawa SUV Luxury Jaecoo J7 Mengaspal ke Indonesia, Ini Spesifikasinya

BACA JUGA:Spesial Hut ke-17 PHD Hadirkan Promo Sweet 17, Pilih Menu Apapun Serba Rp17 Ribu

2. Dapat Melukai Tenggorokan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: