Sering Konsumsi Cuka Apel? Hati-hati Efek Sampingnya!

Sering Konsumsi Cuka Apel? Hati-hati Efek Sampingnya!

Cuka apel populer digunakan secara luas untuk menjaga kesehatan tubuh --Foto: https://healthychoice.co.id--

Shmerling dari Harvard Medical School, Amerika Serikat, menyatakan bahwa telah dilaporkan adanya penurunan kadar kalium akibat konsumsi cuka apel. Hipokalemia ringan biasanya tidak menimbulkan gejala. 

Namun, perlu diingat bahwa hipokalemia yang sudah mencapai tingkat sedang atau berat dapat menyebabkan gejala seperti kelemahan otot, kelelahan, kelumpuhan otot, dan ketidakaturan irama jantung.

BACA JUGA:Perkenalkan Honda CB125R 2024, Sepeda Motor Perpaduan Performa dan Teknologi

BACA JUGA:WAJIB TAHU! Ini Daftar Lengkap Kementerian Negara Kabinet Merah Putih, Sekretariat Kabinet Dibubarkan

5. Mempengaruhi Cara Tubuh Mengatur Kadar Gula Darah

Beberapa penelitian telah menyatakan bahwa cuka apel dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga bermanfaat bagi individu yang mengidap diabetes tipe 2. Salah satu contohnya adalah sebuah penelitian yang diterbitkan dalam "Journal of Evidence-Based Integrative Medicine" pada tahun 2018.

Namun, jika cuka apel dikonsumsi dalam jumlah berlebihan bersamaan dengan insulin oleh penderita diabetes, hal ini dapat menyebabkan efek samping seperti hipoglikemia atau penurunan gula darah di bawah normal. Karena hal ini dapat berbahaya bagi penderita diabetes, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan cuka apel.

BACA JUGA:Film Horor ‘Dosa Musyrik’ Bakal Tayang di Bioskop Akhir Oktober 2024, Ini Sinopsisnya

BACA JUGA:4 Film Bioskop yang Bakal Tayang di Akhir Oktober 2024, Urutan Terakhir Paling Ditunggu

6. Bereaksi Dengan Obat-Obat Tertentu

Beberapa jenis obat dapat mengalami reaksi ketika berinteraksi dengan cuka apel dalam tubuh. Insulin, digoxin, dan obat diuretik tertentu dapat berinteraksi dengan cuka apel. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi cuka apel jika sedang menggunakan obat-obatan tersebut.

7. Cuka Apel Dalam Produk Perawatan Kulit Dapat Menimbulkan Iritasi

Cuka apel telah dijadikan bahan utama dalam berbagai produk obat luar dan kecantikan. 

Misalnya toner sering digunakan untuk mengatasi jerawat dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Namun, cuka apel dalam produk perawatan kulit dapat menyebabkan iritasi, terutama pada pemilik kulit sensitif.

Menurut dermatolog Nazanin Saedi, MD dari Amerika Serikat, penggunaan produk yang bersifat asam untuk area wajah tidak disarankan. Sekarang, Anda sudah mengetahui beberapa efek samping dari konsumsi cuka apel secara berlebihan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: