Sering Konsumsi Cuka Apel? Hati-hati Efek Sampingnya!

Sering Konsumsi Cuka Apel? Hati-hati Efek Sampingnya!

Cuka apel populer digunakan secara luas untuk menjaga kesehatan tubuh --Foto: https://healthychoice.co.id--

Ternyata, cuka apel dapat menyebabkan luka pada tenggorokan. Pada kasus anak-anak, asam asetat dalam cuka apel telah menyebabkan luka bakar di tenggorokan. 

Terdapat juga laporan kasus wanita yang mengalami sensasi terbakar di tenggorokan setelah menelan tablet cuka apel. Wanita mengalami rasa sakit dan kesulitan menelan selama sekitar enam bulan.

Kasus ini dilaporkan dalam "Journal of the American Dietetic Association" pada tahun 2005. Banyak ahli merekomendasikan untuk mencampur tablet cuka apel dengan air sebelum dikonsumsi, karena asamnya bisa merusak lapisan esofagus.

BACA JUGA:Lindungi Anak dari Bahaya Gula Berlebih, Ini 4 Cara Mudah Mengatasinya

BACA JUGA:Forum Pemuda Peduli Lingkungan Nilai Rachmat-Tarmizi Paling Layak Jadi Bupati-Wakil Bupati Bengkulu Tengah

3. Memperburuk Gejala Gastroparesis

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam "International Journal of Obesity" tahun 2014, cuka apel dapat menghambat proses pengosongan lambung. Ini adalah efek yang mengatur nafsu makan. 

Bagi sebagian orang, kondisi ini membantu dalam menjaga rasa kenyang. Ini berguna untuk menjaga atau menurunkan berat badan karena pengendalian asupan kalori menjadi lebih teratur.

Namun, situasi ini tidak berlaku bagi individu yang mengidap gastroparesis, sebuah kondisi kesehatan umum yang sering terjadi pada penderita diabetes tipe 1. 

Sebagaimana dilaporkan oleh Healthline, saraf di perut penderita gastroparesis mengalami gangguan fungsi, menyebabkan makanan tertahan dalam lambung untuk jangka waktu yang lebih lama daripada biasanya dan tidak dikosongkan dengan kecepatan normal. Kondisi tersebut dapat menyulitkan pengendalian kadar gula darah.

BACA JUGA:Ketahui Manfaat Juga Risiko Mengonsumsi Cuka Nanas Secara Berlebihan

BACA JUGA:Ini Dia Rekomendasi Smartphone yang Cocok Buat Ibu Rumah Tangga

4. Menyebabkan Hipokalemia

Dalam konteks medis, hipokalemia merujuk pada keadaan kadar kalium yang rendah dalam tubuh. Mengacu pada artikel dari Medical News Today, Dr. Batalkan pesanan tersebut segera dan hubungi tim layanan pelanggan kami untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. 

Jangan ragu untuk memberikan informasi lengkap dan terperinci, agar kami dapat menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat. Terima kasih atas kesabaran dan kerjasamanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: