Teripang Bergizi dan Berprotein Tinggi, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Teripang Bergizi dan Berprotein Tinggi, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Teripang atau timun laut merupakan hewan invertebrata (tanpa duri) dari kelas Holothuroidea. Sesuai dengan namanya, bentuknya mirip mentimun, namun cenderung manis --Foto: https://www.klikdokter.com--

Konsumsi harian gelatin yang mengandung teripang jepang (Apostichopus japonicus) dapat mencegah tumbuhnya jamur Candida albicans di mulut. Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Marine Drugs pada tahun 2013.

Penelitian ini melibatkan delapan orang lansia yang tinggal di panti jompo yang diminta mengonsumsi jeli teripang selama seminggu. Gelatin ini mengandung glikosida triterpen yang disebut holotoksin.

Fungsinya sebagai fungisida yang dapat mencegah tumbuhnya jamur. Sebelum dan sesudah konsumsi jeli teripang, Candida albicans dihitung di dalam mulut. Hasilnya, jeli teripang menunjukkan efek penghambatan, apalagi jika dikonsumsi tiga kali sehari.

Selain itu, jeli teripang lebih unggul dibandingkan obat klinis atau obat kumur karena dapat mengendalikan jamur tanpa merusak jaringan mukosa. Selain itu, komponen kimia yang terkandung dalam obat kumur seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman pada lansia.

BACA JUGA:Intip Sinopsis Film Laut Tengah yang Bakal Tayang di Bioskop 3 Oktober 2024

BACA JUGA:KAI Properti Buka Loker BUMN Posisi Project Management Officer, Cek Kualifikasinya Disini

Nah itulah beberapa manfaat makan teripang atau teripang untuk kesehatan. Pernahkah Anda mencoba atau sering mengonsumsinya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: