Kenali Jenis-jenis Penyakit GERD dan Dampak yang Bisa Ditimbulkan untuk Kesehatan

Kenali Jenis-jenis Penyakit GERD dan Dampak yang Bisa Ditimbulkan untuk Kesehatan

Penyakit refluks gastroesofageal (GERD) merupakan gangguan pencernaan yang terjadi ketika asam lambung terus menerus mengalir ke kerongkongan, saluran yang membawa makanan dari mulut ke lambung --Foto: https://weillcornell.org--

Esofagitis erosif, yang terjadi pada 30% penderita GERD, merupakan peradangan atau kerusakan pada lapisan esofagus (lapisan esofagus) yang disebabkan oleh asam lambung yang naik ke tenggorokan. 

Jika tidak segera diobati, maka esofagitis dapat berkembang menjadi kondisi yang biasa disebut esofagus Barrett. meningkatkan risiko kanker esofagus.

BACA JUGA:PT Freeport Indonesia Buka Loker Melalui Fresh Graduate Program, Lebih dari 20 Jurusan Bisa Melamar

BACA JUGA:Kabar Gembira, 29 Desa di Bengkulu Tengah Terima Dana Tambahan dari APBDes Perubahan

3. Esofagus Barrett

Esofagus Barrett terlihat pada 6 hingga 12 persen penderita GERD. Kondisi ini terjadi ketika jaringan yang melapisi kerongkongan digantikan oleh jaringan serupa dengan usus. Kondisi ini sangat serius serta dapat menyebabkan perkembangan kanker langka yang disebut adenokarsinoma esofagus.

Apa pun jenis GERD yang Anda derita, GERD pada dasarnya adalah kondisi kronis yang tidak dapat disembuhkan dan tidak ada obatnya. Perawatan dan penatalaksanaan jangka panjang biasanya diperlukan.

Tujuan penatalaksanaan GERD adalah untuk mengatasi gejala dan mencegah komplikasi seperti esofagitis, esofagus Barrett, dan adenokarsinoma esofagus. Pilihan pengobatan termasuk modifikasi gaya hidup, manajemen medis dengan antasida dan agen antisekresi, perawatan bedah, dan terapi endoluminal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: