Ini 9 Manfaat Power Walking, Olahraga Simpel Tapi Sangat Menyehatkan

Ini 9 Manfaat Power Walking, Olahraga Simpel Tapi Sangat Menyehatkan

Jalan kaki itu sederhana, gratis dan salah satu cara termudah untuk menjadi lebih aktif, menurunkan berat badan, dan menjadi lebih sehat --Foto: https://rockay.com--

2. Banyak Kalori Yang Terbakar

Jika dipadukan dengan pola makan sehat, jalan cepat dapat membantu menurunkan berat badan. Kecepatan yang lebih tinggi dan aktivasi otot yang lebih besar dari jalan cepat juga dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori. 

Seseorang dengan berat badan 160 kg dapat membakar sekitar 119 kalori dengan berjalan cepat selama 30 menit (3). mph). Jika seseorang berjalan cepat (4 mph) selama 30 menit, mereka dapat membakar sekitar 181 kalori.

Namun, ada faktor lain, termasuk usia dan berat badan, yang dapat memengaruhi jumlah kalori yang dibakar. Tetap aktif melalui jalan cepat dapat membantu Anda mencapai tujuan kebugaran, seperti mengambil lebih banyak langkah setiap hari atau menjaga berat badan yang sehat.

3. Meningkatkan VO₂ max

Olahraga, apapun intensitasnya, memberikan manfaat kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa latihan dengan intensitas lebih tinggi dapat meningkatkan VO2 max lebih baik dibandingkan latihan dengan intensitas lebih rendah. 

BACA JUGA:Tak Hanya Kopi, Ini 5 Minuman yang Mengandung Kafein

BACA JUGA:Butuh Smartphone Tahan Banting untuk Mendukung Aktivitas Ekstrem? Berikut Rekomendasi yang Bisa Dicoba

VO2 max adalah jumlah maksimum oksigen yang digunakan selama berolahraga. Ini mengacu pada jumlah oksigen yang digunakan tubuh selama berolahraga. Jadi semakin tinggi VO2 max maka kebugaran atau daya tahan aerobiknya semakin baik.

Jalan cepat dapat meningkatkan VO₂ maks lebih baik dibandingkan berjalan dengan kecepatan lebih lambat. Hal itulah yang ditemukan peneliti dalam penelitian yang membandingkan jalan kaki dan jalan cepat pada pasien penyakit jantung. 

Setelah 6 minggu menjalani rehabilitasi, peserta kelompok jalan cepat menunjukkan peningkatan VO2 max yang lebih baik dibandingkan kelompok jalan cepat.

4. Kesehatan Jantung

Jalan cepat dapat meningkatkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Studi menunjukkan bahwa meningkatkan kecepatan berjalan dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung, dibandingkan dengan orang yang berjalan dengan kecepatan lebih lambat. 

BACA JUGA:BKN Rilis Update Terbaru Statistik Pelamar CPNS 2024: Pelamar Tembus 2.053.173, TMS 73.705

BACA JUGA:10 Kawasan Pemandian Air Panas Paling Populer di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: