Ternyata Minum Kopi Sebelum Olahraga Baik Loh, Kok Bisa? Berikut Penjelasannya

Ternyata Minum Kopi Sebelum Olahraga Baik Loh, Kok Bisa? Berikut Penjelasannya

ilustrasi--

Sembilan pria ditugaskan dalam penelitian ini untuk mengonsumsi kafein dosis rendah dan plasebo. Setelah melakukan empat set (satu set 10 biceps curl) di bangku satu jam sebelumnya, subjek harus melakukan set kelima, melakukan pengulangan sebanyak mungkin.

Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi kopi dikaitkan dengan tingkat nyeri yang lebih rendah secara signifikan pada hari ke-2 dan ke-3 setelah latihan dibandingkan dengan efek plasebo. Dan mereka yang mengonsumsi kafein melakukan lebih banyak repetisi bicep curl pada set terakhir.

BACA JUGA:Waspada Penipuan! Ini 8 Tips yang Wajib Diketahui Saat Mencari Lowongan Pekerjaan, Nomor 4 Paling Penting

BACA JUGA:PENGUMUMAN! PT PELNI Buka Lowongan Kerja untuk 3 Posisi, Cek Kualifikasi dan Cara Daftarnya di Sini

6. Minum Kopi 60 Menit Sebelum Berolahraga

Waktu terbaik mengonsumsi kopi adalah 60 menit sebelum olahraga. Waktu terbaik mengonsumsi kopi berbeda-beda tergantung sumbernya. Misalnya, mengunyah permen karet berkafein memiliki waktu tunggu lebih singkat dibandingkan kafein kapsul. 

Menurut Cleveland Clinic, efek kafein dalam darah mencapai puncaknya satu jam setelah konsumsi dan bertahan selama beberapa jam. Enam jam setelah mengonsumsi kopi, setengah dari kafein masih ada di sistem Anda. Diperlukan waktu sekitar 10 jam agar kafein benar-benar hilang dari darah.

BACA JUGA:Sederet Dugaan Kejanggalan Pengumuman Calon Paskibraka Bengkulu Tengah 2024

BACA JUGA:Ini Tempat Bersejarah yang Ada di Mekkah, Sayang Dilewatkan Saat Beribadah Haji dan Umrah

7. Dosis Kafein Ideal 3-6 mg/kg Massa Tubuh

Asupan kafein 3 hingga 6 mg per kg berat badan telah terbukti meningkatkan kinerja olahraga. Namun, kafein dosis sangat tinggi (sekitar 9 mg/kg massa tubuh atau lebih) dikaitkan dengan risiko efek samping yang tinggi. 

Saat ini, menurut International Society of Sports Nutrition (ISSN), kafein efektif dalam porsi 0,9-0,9 mg. 2,7 mg/lb, sekitar 2-6 mg/kg berat badan. Atau mengutip Healthline, sekitar 135-405 mg untuk orang yang memiliki berat badan 68 kg.

Nah itu dia manfaat minum kopi sebelum olahraga serta waktu dan dosis terbaik meminumnya. Semoga artikel ini membantu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: