Menderita Asam Urat? Ini Dia Beberapa Makanan yang Bisa Menjadi Obat Alami dan Harus Dihindari

Menderita Asam Urat? Ini Dia Beberapa Makanan yang Bisa Menjadi Obat Alami dan Harus Dihindari

ilustrasi--

Menderita Asam Urat? Ini Dia Beberapa Makanan yang Bisa Menjadi Obat Alami dan Harus Dihindari

RAKYATBENTENG.COM - Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi di mana kristal asam urat terbentuk di persendian. Ketika asam urat kambuh lagi, nyeri, bengkak, dan kaku dapat terjadi di dalam dan sekitar persendian. 

Orang dengan riwayat asam urat harus berhati-hati dengan apa yang mereka makan untuk mencegah kambuhnya asam urat.

Berikut beberapa gejala asam urat yang muncul tiba-tiba di malam hari seperti nyeri hebat dan mendadak, sendi membengkak, sendi ruam merah, saat anda menekan terasa lunak dan hangat. 

Jika penyakit asam urat tidak diobati, nyeri sendi akan semakin parah sehingga penderita tidak dapat menggerakkan sendinya. 

BACA JUGA:Dinas Kesehatan Bengkulu Tengah Dikecam Gerakan Lima Kamis Pasal Gelar Rapat di Hotel Berbintang

BACA JUGA:Smartphone Terbaru Oppo F27 Pro+ Resmi Rilis, Bawa Segudang Fitur Canggih, Yuk Intip Spesifikasinya

Berikut beberapa obat asam urat alami yang dapat membantu mengatasi asam urat tanpa efek samping, seperti dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan.

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu obat asam urat alami yang bisa Anda konsumsi. Caranya dengan merebus satu sendok makan parutan jahe dalam air. Selanjutnya, celupkan kain tersebut ke dalam air mendidih. 

Saat dingin, tempelkan kain ke area yang nyeri selama 15 hingga 30 menit setidaknya sekali sehari. Alternatifnya, Anda bisa meminum air rebusan jahe. Untuk melakukan ini, tambahkan 2 sendok makan jahe selama 10 menit. Kemudian minum 3 gelas sehari.

2. Jus Lemon, Kunyit dan Cuka Sari Apel

Cuka apel, jus lemon, dan kunyit merupakan bahan alami yang direkomendasikan untuk mengobati asam urat. Perpaduan ketiganya menghasilkan minuman alami untuk asam urat. 

Caranya, campurkan perasan setengah buah lemon dengan air hangat, lalu tambahkan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. Anda bisa melakukannya sesuai selera Anda. Minumlah minuman ini 2 hingga 3 kali sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: