Anak Belum Miliki KIA? Simak Cara Pengajuan Pembuatan KIA Secara Daring

Anak Belum Miliki KIA? Simak Cara Pengajuan Pembuatan KIA Secara Daring

ilustrasi--

Anak Belum Miliki KIA? Simak Cara Pengajuan Pembuatan KIA Secara Daring

RAKYATBENTENG.COM - Pemerintah Indonesia menerbitkan KIA, atau Kartu Identitas Anak, sebagai kartu identitas yang diperuntukkan bagi anak usia 0-5 dan 5-17 tahun. 

Dari pada mengunjungi kantor pemerintah setempat, Anda dapat mengajukan pembuatan KIA anak anda secara langsung melalui layanan online layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat. 

Mau tahu bagaimana cara membuat KIA online? Proses pembuatannya diperkirakan memakan waktu 3-7 hari kerja setelah usulan dan ketentuan persyaratan terpenuhi. Metode pengiriman dan pencetakan KIA direkomendasikan oleh dinas terkait.

BACA JUGA:Harga Terbaru HP Oppo Juni 2024, Lengkap dari Seri A Termurah, Reno Menengah, dan Find Flagship

BACA JUGA:Hobi Mendaki Gunung? Ketahui Kesulitan dalam Pendakian dan Faktor yang Mempengaruhi

Bagaimana Cara Membuat KIA Online?

Proses pengajuan KIA bisa Anda lakukan secara online dari rumah. Fasilitas ini tersedia dan bisa diakses melalui situs resmi Layanan Dukcapil sesuai domisili. Namun di beberapa daerah terdapat beberapa aplikasi resmi yang dapat digunakan untuk membuat KIA. 

Saat Anda mengunjungi situs tersebut, Anda dapat mencari di Google dengan mengetikkan "Dukcapil kota atau kabupaten domisili anda tinggal". Klik situs yang berakhiran .go.id. 

Kemudian jika wilayah Anda perlu menyertakan aplikasi, silakan unduh sesuai kota atau wilayah Anda. Kemudian ikuti proses aplikasi di bawah ini. Tampilannya mungkin berbeda-beda, bergantung pada layanan web dan aplikasi resmi. Namun langkah-langkahnya sama. 

BACA JUGA:Segera Rilis! Ini Bocoran Spesifikasi Poco M6 4G, HP Murah Kembaran Xiaomi Redmi 13

BACA JUGA:Oknum Polwan Diduga Bakar Suami Hingga Tewas Gara-Gara Gaji Berkurang Ditetapkan Tersangka

· Buka web dan login pada situs atau aplikasi Dinas Dukcapil setempat. Untuk yang belum memiliki akun, anda perlu membuat akun terlebih dahulu.

· Setelah berhasil masuk, pilih layanan yang ingin diakses anda bisa klik 'KIA' .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: