Ingin Mendaki Gunung Tertinggi di Indonesia? Ini Dia Daftar Gunung yang Bisa Didatangi

Ingin Mendaki Gunung Tertinggi di Indonesia? Ini Dia Daftar Gunung yang Bisa Didatangi

ilustrasi--

Ingin Mendaki Gunung Tertinggi di Indonesia? Ini Dia Daftar Gunung yang Bisa Didatangi

RAKYATBENTENG.COM - Indonesia adalah Negara kepulauan yang dikelilingi oleh pegunungan. Gunung tinggi di Indonesia disebabkan oleh lokasinya yang berada di dua jalur pegunungan utama dunia. 

Rute tersebut adalah sirkum Pasifik dan sirkum Mediterana. Sirkum Pasifik mengarah ke Kepulauan Maluku kemudian Sulawesi dan Papua. 

Untuk sirkum Mediterania melalui pulau Nusa Tenggara lalu Jawa dan terus ke Sumatera. Nah, bagi yang hobi mendaki, tahukah di mana letak gunung tertinggi di Indonesia? Berikut penjelasannya.

1. Puncak Jaya

Puncak Jaya atau yang lebih dikenal dengan nama Carstensz Pyramid berada memiliki ketinggian 4.884 mdpl (meter diatas permukaan laut). 

BACA JUGA:Mobil Rescue Dinas Sosial Bengkulu Tengah Diduga Ditelantarkan di Bengkel Berstatus Milik Kementerian Sosial

BACA JUGA:Bareskrim Polri Turun Tangan Kerahkan Tim Kejar DPO Tiga Tersangka Kasus Pembunuhan Vina Cirebon

Puncak tertinggi di Indonesia ini masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO dan secara eksklusif masuk dalam “Tujuh Puncak” gunung-gunung tertinggi dari tujuh benua di dunia.

2. Puncak Soekarno

Selain Puncak Jaya, Taman Nasional Lorentz memiliki tiga puncak berbeda. Pendakian puncak Sukarno (4.862 mdpl), Cartenzs Timur (4.840 m dpl) dan Soemantri (4.808 m dpl) dikatakan sangat sulit dan mahal. Anda harus siap menghadapi tantangan khusus seperti salju dan es.

3. Puncak Mandala

Masih di Papua, yang berikutnya adalah Puncak Mandala dengan ketinggian 4.760 mdpl. Puncak Mandala merupakan bagian dari Pegunungan Bintang Timur dan dekat dengan perbatasan dengan Papua Nugini. Suhunya sangat rendah sehingga puncaknya masih tertutup salju.

BACA JUGA:Kelas BPJS Kesehatan Dihapus, Kok Bisa? Berikut Penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: