7 Cara Cegah Mesin Overheat Saat Terjebak Kemacetan, Terlebih Saat Arus Balik Lebaran

7 Cara Cegah Mesin Overheat Saat Terjebak Kemacetan, Terlebih Saat Arus Balik Lebaran

ilustrasi--

7 Cara Cegah Mesin Overheat Saat Terjebak Kemacetan, Terlebih Saat Arus Balik Lebaran

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Libur lebaran serta pulang ke kampung halaman menjadi saat-saat yang paling dinanti-nantikan oleh banyak orang di Indonesia. 

Namun, bersamaan dengan kegembiraan ini, datang pula tantangan besar bagi pemilik kendaraan, terutama para pengendara mobil. 

Macet parah dan cuaca yang panas dapat menyebabkan mesin mobil overheat, yang bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan benar. 

Berikut beberapa langkah preventif yang dapat membantu menghindari masalah overheat saat terjebak dalam arus balik Lebaran.

BACA JUGA:Mau Kuliah Diluar Negeri? Berikut Informasi Beasiswa yang Bisa Anda Ikuti

BACA JUGA:Edaran Menteri Agama: Penyuluh Agama dan Penghulu Diminta Berperan Aktif Turunkan Stunting

1. Periksa Sistem Pendingin

Pastikan sistem pendingin mobil berfungsi dengan baik sebelum melakukan perjalanan. Periksa level cairan pendingin dan pastikan tidak ada kebocoran di selang atau pada radiator. Pastikan juga kipas radiator berfungsi dengan baik.

2. Hindari Waktu Macet Puncak

Usahakan untuk menghindari waktu-waktu puncak arus balik Lebaran. Jika memungkinkan, berangkatlah pada waktu yang tidak terlalu padat agar tidak terjebak dalam kemacetan yang panjang.

3. Perhatikan Temperatur Mesin

Selalu perhatikan temperatur mesin mobil saat terjebak dalam kemacetan. Jika panasnya mesin terus meningkat, segera matikan AC dan hidupkan heater pada dashboard. Ini akan membantu mengalihkan panas dari mesin.

BACA JUGA:Siswi SMP Diduga Korban Pemerkosaan Ditinggal Kabur di Semak-Semak, Pelakunya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: