Perketat Keamanan Pengguna, X Hadirkan Fitur Passkey, Apa Saja Keunggulannya?

Perketat Keamanan Pengguna, X Hadirkan Fitur Passkey, Apa Saja Keunggulannya?

ilustrasi--

Perketat Keamanan Pengguna, X Hadirkan Fitur Passkey, Apa Saja Keunggulannya?

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Sosial Media X atau yang dulu dikenal Twitter, telah merilis fitur Passkey khusus untuk pengguna iOS secara global pada 9 April lalu. Hal ini telah dikonfirmasi melalui akun resmi X. 

Passkey merupakan mekanisme login baru pengganti password, menggunakan teknologi yang dibuat oleh FIDO Alliance, sebuah konsorsium yang menciptakan standar baru untuk password dan raksasa teknologi seperti Apple, Google dan Microsoft. 

Pengguna perangkat iOS dapat menggunakan sistem keamanan ponsel mereka (seperti fingerprint, face unlock, PIN, atau pola) untuk masuk ke beberapa akun alih-alih menggunakan kata sandi.

Pengguna iPhone dan iPad dapat mengunci perangkat mereka dengan masuk ke X menggunakan Face ID, Touch ID, atau kode sandi. Artinya pengguna tidak perlu lagi mengingat atau mengetikkan kata sandi yang panjang dan rumit. 

BACA JUGA:Waspada Banjir dan Tanah Longsor! BMKG Prakirakan Wilayah-Wilayah Ini Dilanda Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

BACA JUGA:Dahsyatnya Letusan Gunung Ini Setelah 22 Tahun 'Tertidur', 828 Warga Dievakuasi

Diketahui jika mekanisme ini secara signifikan mengurangi risiko peretasan, khususnya pada kata sandi. Karena kunci akses dienkripsi, maka tidak dapat dicuri selama transmisi, sehingga memberikan perlindungan ketat terhadap informasi pribadi pengguna.

Secara lebih rinci, kunci akses dihasilkan menggunakan kriptografi kunci publik standar WebAuthentication. Setelah mendaftarkan akun, perangkat pengguna akan menghasilkan pasangan kunci unik, satu publik dan satu pribadi. Kunci publik dibagikan dan disimpan di X, sedangkan kunci pribadi (access key) hanya disimpan di perangkat pengguna. 

Nah, kata sandi pengguna dikatakan tidak pernah dibagikan kepada X untuk memastikan keamanan maksimal.

Cara menggunakan Passkey di X

BACA JUGA:Siswi SMP Diduga Korban Pemerkosaan Ditinggal Kabur di Semak-Semak, Pelakunya

BACA JUGA:Presale Sedan Listrik Wuling Terbaru, Hadir Akhir April 2024, Intip Spesifikasi dan Harganya Disini

Dimulai dengan iOS 15, perangkat iOS mendukung Passkey sebagai bagian dari standar Otentikasi Web (WebAuthn). Dari menu Dukungan, lalu pilih Pengaturan & privasi, pilih Keamanan & Akses akun, ketuk Pengaturan keamanan untuk mengaktifkan kunci, dan masukkan kata sandi pengguna yang Anda gunakan untuk konfirmasi. Perhatikan bahwa kata sandi hanya tersedia di iOS, bukan Android.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: