Layanan Internet Starlink Beroperasi di Indonesia Tahun Ini, Berminat?

Layanan Internet Starlink Beroperasi di Indonesia Tahun Ini, Berminat?

ilustrasi--

Layanan Internet Starlink Beroperasi di Indonesia Tahun Ini, Berminat?

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Layanan internet satelit Starlink milik Elon Musk telah mendapat izin beroperasi di Indonesia. 

SpaceX telah mengajukan izin Very Small Terminal (VSAT) dan Internet Service Provider (ISP) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), yang ke depannya perusahaan akan melakukan uji jaringan. 

Selain itu, pemerintah menegaskan Elon Musk harus tetap mematuhi peraturan Indonesia yang berlaku saat ini. 

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan Starlink harus mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk memenuhi kebutuhan operasional di Indonesia. Dalam waktu dekat, Starlink akan diuji coba di Ibu Kota Negara (IKN).

“Di IKN (Starlink), kami akan melakukan eksperimen dan menyusun rencana pengujian layanan Starlink pada tahun 2024,” ujarnya di situs resmi Kominfo.

BACA JUGA:Catat! Prediksi Puncak Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni, Awas Penumpukan Kendaraan

BACA JUGA:Tahukah kamu, Ternyata Google Punya Game Tersembunyi lho! Seru dan Bikin Ketagihan untuk Dimainkan

Pemerintah menawarkan kesempatan kepada perusahaan telekomunikasi lokal dan internasional untuk berinvestasi dan mengembangkan ekosistem digital di Indonesia. 

Menurut Menkominfo, Hal ini juga merupakan arena bermain yang setara bagi semua orang. Aturan yang ada saat ini harus dipatuhi.

Selain itu, selama proses izin operasional, Starlink mendirikan pusat dan memenuhi standar peralatan Direktorat Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika. Sehingga sudah memenuhi VSAT. Sedangkan untuk Internet (ISP) harus bekerjasama dengan Network Access Point (NAP).

Masa percobaan adalah kebijakan Starlink. Rencana pelaksanaan percontohan ini diharapkan dapat dilaksanakan sesudah Idul Fitri 1445 H. Kominfo jugo memastikan ingin menggunakan jasa mereka untuk menguji penggunaan satu ground segment. Terdapat perbedaan secara kedudukan antara Starlink Global dan Starlink Indonesia.

BACA JUGA:Mau Sekolah di Luar Negeri? Singapura Buka Program Beasiswa untuk Pelajar SMP-SMA Pendaftaran Sampai 25 April

BACA JUGA:Sentuhan Sistem Operasi Canggih dari HyperOS Xiomi, Fiturnya Bikin Nyaman Digunakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: