Perkenalkan Direct to Cell, Teknologi Penghubung Smartphone Langsung ke Satelit

Perkenalkan Direct to Cell, Teknologi Penghubung Smartphone Langsung ke Satelit

ilustrasi--

Perkenalkan Direct to Cell, Teknologi Penghubung Smartphone Langsung ke Satelit

RAKYATBENTENG.COM - Starlink memiliki layanan bernama Direct to Cell, sebuah teknologi yang menggunakan jaringan TMobile untuk menghubungkan smartphone langsung ke Internet melalui satelit. Jaringan ini telah diluncurkan pada awal tahun 2024 dengan peluncuran enam satelit pada tahap pertama.

Memiliki Akses Tanpa Batas

Menurut keterangan resmi perusahaan milik Elon Musk, jaringan Direct to Cell akan memperluas visi Starlink dengan menyediakan konektivitas di mana saja dan akses tak terbatas ke teks, suara, dan data untuk LTE dan ponsel di seluruh dunia. 

Layanan yang disebut SMS akan menyediakan layanan suara, data, dan Internet of Things (IoT) pada tahun 2025. Pengembangan jaringan satelit yang menghubungkan perangkat seluler dikatakan dapat mengatasi beberapa tantangan teknis teknologi terestrial.

BACA JUGA:Jadi Salah Satu Smartphone Tangguh, Simak Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 40 Pro 5G

BACA JUGA:Smartphone Terbaru Oppo F27 Pro+ Resmi Rilis, Bawa Segudang Fitur Canggih, Yuk Intip Spesifikasinya

Starlink telah mengembangkan silikon khusus yang dioptimalkan untuk satelit dan mengurangi daya dan biaya. Anak perusahaan SpaceX ini juga membangun smart set berukuran 2,7 meter kali 2,3 meter menggunakan pemancar radio resolusi tinggi dan pemancar tegangan tinggi untuk berkomunikasi dengan ponsel di luar angkasa. Antena saat ini dirancang untuk menggunakan satelit kecil Starlink v2. 

Satelitnya sendiri diluncurkan dengan roket Falcon 9 dan tetap berada di orbit rendah Bumi (LEO) secara permanen.

Menggunakan Jaringan 4G

Kedepannya, satelit Direct to Cell juga akan diluncurkan dari Starship untuk meningkatkan kualitas komunikasi layanan dan meningkatkan kapasitas peluncuran. 

Satelitnya mengorbit ratusan kilometer di atas permukaan bumi dengan kecepatan 7,7 km/s. Hal ini membuat kompatibilitas dengan waktu LTE, Doppler, dan bandwidth menjadi sangat menantang. 

BACA JUGA:Gratis! Grup Band J-Rocks Bakal Konser di Malam Puncak HUT ke-16 Kabupaten Bengkulu Tengah, Catat Jadwalnya

BACA JUGA:Dinas Kesehatan Bengkulu Tengah Dikecam Gerakan Lima Kamis Pasal Gelar Rapat di Hotel Berbintang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: