Miris! 5 Warga Termasuk Anak-Anak di Desa Ini Terserang DBD, Pemdes Hingga Pemkab Belum Bertindak

Miris! 5 Warga Termasuk Anak-Anak di Desa Ini Terserang DBD, Pemdes Hingga Pemkab Belum Bertindak

--

Miris! 5 Warga Termasuk Anak-Anak di Desa Ini Terserang DBD, Pemdes Hingga Pemkab Belum Bertindak 

RAKYATBENTENG.COM - Di tengah merebaknya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di salah satu desa Kecamatan Karang Tinggi Bengkulu Tengah akhir-akhir ini, belum ada perhatian baik itu dari Pemerintah Desa (Pemdes) ataupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui dinas. Hal ini kontan saja membuat warga kecewa.

Mereka pun diliputi was-was, tidak menutup kemungkinan dapat giliran terkena penyakit yang disebabkan virus dengue penyakit yang ditularkan lewat Nyamuk Aedes Aegypti tersebut. 

Kepada wartawan, salah seorang warga yang saat ini sedang menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Kota Bengkulu akibat DBD menuturkan bahwa ia sudah pernah melaporkan DBD mengancam kesehatan warga.

Ia pun meminta agar Pemdes melalui Kades mengambil tindakan segera. Namun disayangkan sampai saat ini tidak ada tindakan apapun yang dilakukan. 

"Setahu kami sudah ada 5-6 orang yang terkena DBD selama seminggu terakhir. Termasuk anak saya sendiri sebelumnya kena, sekarang saya yang kena. Ini saja sudah berapa hari dirawat di rumah sakit. Belum tahu sampai kapan, karena trombosit masih rendah. Saya sudah pernah coba sampaikan ke desa, segeralah ambil tindakan, apa difogging atau seperti apa penanganannya agar tidak semakin menyebarluas. Kasihan dengan warga kalau sampai banyak yang kena," ungkap warga yang minta tak disebutkan identitasnya. 

Kenali Tanda dan Gejala DBD

Melansir dari situs yankes.kemkes.go.id, Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue melalui gigitan nyamuk Aedes terutama Aedes aegypti. 

Demam dengue merupakan penyakit akibat nyamuk yang berkembang paling pesat di dunia. Gejala atau tanda untuk identifikasi cepat Infeksi dengue dapat menyebabkan infeksi tanpa gejala atau gejala, dengan sekitar 20% menyebabkan gejala. 

Secara umum DF adalah penyakit demam sendiri, yang muncul 3-10 hari setelah nyamuk yang terinfeksi menggigit seseorang.

Fase awal demam:

- Tahap awal infeksi dengue dapat digambarkan sebagai penyakit “mirip flu” ringan dengan gejala yang mirip dengan malaria, influenza, chikungunya dan Zika. Penyakit ini ditandai dengan: nyeri retro-orbital, demam, sakit kepala hebat, nyeri sendi dan otot yang intens. nyeri, dan mual.

- Ditandai dengan timbulnya demam berat yang cepat yang berlangsung dari 2 sampai 7 hari. Pada saat ini, dengue dapat dibedakan dari penyakit serupa lainnya dengan menggunakan tes tourniquet.69,70 Sebagian besar pasien DENV dapat untuk pulih sepenuhnya setelah periode demam tanpa memasuki fase kritis penyakit.

BACA JUGA:Pegawai Negeri atau Penyelenggara Negara Nekat Minta THR ke Masyarakat atau Perusahaan, KPK: Laporkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: