Pernah Dengar Madu Hijau? Ternyata Memiliki Manfaat Luar Biasa dan Berasal dari Lebah

Pernah Dengar Madu Hijau? Ternyata Memiliki Manfaat Luar Biasa dan Berasal dari Lebah

ilustrasi--

Pernah Dengar Madu Hijau? Ternyata Memiliki Manfaat Luar Biasa dan Berasal dari Lebah

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Madu hijau adalah salah satu jenis madu yang kini semakin populer karena manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan.

Madu ini berasal dari lebah yang mengumpulkan nektar dari bunga-bunga tertentu, memberikan warna hijau yang khas pada produknya.

Namun, tahukah anda, bahwa khasiat dari madu hijau ini tak kalah luar biasa dari madu biasa pada umumnya. Berikut penjelasan lengkap seputar madu hijau.

Asal Usul Madu Hijau

Madu hijau berasal dari proses kolonisasi lebah yang mengunjungi bunga-bunga dengan nectar yang khusus.  Bunga-bunga tertentu, seperti tanaman hijau, memberikan nuansa hijau pada madu tersebut.

BACA JUGA:3 Besar Hasil Lelang Jabatan Pemkab Bengkulu Tengah Diprotes, Peserta Sebut Langgar Peraturan Pemerintah

BACA JUGA:Makan Nasi Padang Bikin Kolesterol Tinggi? Tak Perlu Khawatir, Ini Tips Aman Menyantapnya

Lebah kemudian mengonversi nectar ini menjadi madu melalui proses pengumpulan, pencampuran dengan enzim lebah, dan penyimpanan di dalam sarang lebah. Madu hijau biasanya ditemukan di daerah-daerah yang kaya akan tanaman hijau, seperti hutan hujan tropis dan daerah pegunungan yang subur.

Beberapa orang percaya bahwa warna hijau pada madu ini dihasilkan secara alami oleh lebah madu di salah satu kawasan bawah tanah Filipina. Selain di Filipina, sekelompok peneliti dari Universitas Teknologi Malaysia menemukan madu hijau dihasilkan oleh lebah di daerah Banggi, Malaysia. 

Beberapa peneliti berasumsi bahwa warna hijau pada madu didapatkan karena lebah penghasil madu mengonsumsi alga atau mengumpulkan nektar dari pohon bambu. Alga dan bambu mengandung klorofil, yaitu senyawa alami yang menimbulkan warna hijau. 

Proses pengumpulan nectar oleh lebah ini memberikan madu hijau karakteristik unik, tidak hanya dalam hal warna tetapi juga dalam kandungan nutrisinya.

BACA JUGA:Wanita Berusia 55 Tahun Asal Bengkulu Tengah Sempat Terseret Arus Deras Sungai Berhasil Ditemukan, Kondisinya

BACA JUGA:Berikut Tren Pariwisata Tahun 2024, Mana yang Anda Minati?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: