Sama-sama Mengandung Protein Hewani, Mana yang Lebih Sehat Dijadikan Sebagai Lauk, Ayam atau Ikan?

Sama-sama Mengandung Protein Hewani, Mana yang Lebih Sehat Dijadikan Sebagai Lauk, Ayam atau Ikan?

ilustrasi--

Sama-sama Mengandung Protein Hewani, Mana yang Lebih Sehat Dijadikan Sebagai Lauk, Ayam atau Ikan?

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Dalam menentukan menu makanan sehari-hari, pilihan protein hewani seperti ayam dan ikan seringkali menjadi pertimbangan utama.

Kedua jenis lauk ini tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh.

Namun, pertanyaan mendasar sering muncul antara ayam dan ikan, manakah yang lebih sehat? Meskipun secara umum, keduanya sama-sama sumber protein hewani yang sangat bagus, namun faktanya ada perbandingan antara keduanya.

Kandungan Nutrisi Ayam

Ayam merupakan sumber protein hewani yang populer di seluruh dunia. Daging ayam mengandung protein tinggi, zat besi, zinc, dan vitamin B kompleks.

BACA JUGA:Waspada! Pohon Tumbang dan Tanah Longsor Terjadi di 3 Titik Kawasan Jalan Lintas Liku Sembilan Bengkulu Tengah

BACA JUGA:Kabar Gembira! Pemerintah Buka 2,3 Juta Lowong Formasi CPNS dan PPPK Tahun 2024, Ini Dia Rinciannya

Selain itu, ayam juga kaya akan fosfor yang mendukung kesehatan tulang dan magnesium untuk fungsi otot yang optimal.

Namun, perlu diingat bahwa kandungan lemak dan kalori dalam daging ayam dapat bervariasi tergantung pada bagian tubuhnya, misalnya, daging dada ayam cenderung lebih rendah lemak daripada paha.

Manfaat Kesehatan Ikan

Ikan dikenal sebagai sumber protein yang sangat baik dan juga merupakan sumber omega-3 asam lemak, terutama EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic).

Omega-3 memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan jantung, otak, dan mata. Selain itu, ikan juga mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan mengandung mineral seperti selenium, iodin, dan zinc.

Kandungan Lemak dan Kalori

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: