Wajib Tahu Nih! Ada 8 Jenis Vitamin yang Baik Dikonsumsi untuk Atlet, Apa Saja?

Wajib Tahu Nih! Ada 8 Jenis Vitamin yang Baik Dikonsumsi untuk Atlet, Apa Saja?

ilustrasi--

Wajib Tahu Nih! Ada 8 Jenis Vitamin yang Baik Dikonsumsi untuk Atlet, Apa Saja?

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Sebagai seorang atlet, menjaga kesehatan tubuh dan memaksimalkan performa fisik adalah suatu keharusan.

Salah satu cara penting untuk mencapai tujuan ini adalah dengan memastikan asupan vitamin yang cukup.

Vitamin adalah zat penting yang membantu berbagai fungsi tubuh, termasuk metabolisme energi, pertumbuhan dan perbaikan jaringan, serta perlindungan terhadap infeksi.

Dilansir dari laman https://hellosehat.com, terdapat 8 jenis vitamin yang baik dikonsumsi oleh atlet. Mari kita cek apa saja jenis vitamin yang dimaksud tersebut.

BACA JUGA:Inilah 6 Efek Samping yang Siap Menyerang dari Makan Buah Nanas Secara Berlebihan

BACA JUGA:Apakah Boleh Minum Kopi Sebelum Olahraga dan Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Kesehatan?

1. Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat dikenal sebagai antioksidan yang kuat. Atlet seringkali terpapar radikal bebas selama latihan intens, dan vitamin C membantu melawan efek buruk radikal tersebut. Selain itu, vitamin C juga mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu dalam penyerapan zat besi, dan mempercepat penyembuhan otot dan jaringan.

2. Vitamin D

Vitamin D penting untuk kesehatan tulang dan otot. Atlet yang berolahraga di bawah sinar matahari bisa mendapatkan vitamin D dari paparan sinar UV. Vitamin D membantu penyerapan kalsium, yang esensial untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah cedera tulang.

3. Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks melibatkan beberapa vitamin seperti B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (asam folat), dan B12 (kobalamin). Vitamin B berperan dalam konversi makanan menjadi energi, mendukung sistem saraf, dan mempromosikan kesehatan kulit. Atlet yang beraktivitas tinggi memerlukan suplai vitamin B yang cukup untuk menjaga stamina dan vitalitas.

BACA JUGA:Harga Terbaru Samsung Z Flip 4 Tahun 2024 Beserta Spesifikasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: