Tahukah Anda! Mengunyah Permen Karet Punya Manfaat Loh, Dari Mulut Hingga Pikiran

Tahukah Anda! Mengunyah Permen Karet Punya Manfaat Loh, Dari Mulut Hingga Pikiran

ilustrasi--

Tahukah Anda! Mengunyah Permen Karet Punya Manfaat Loh, Dari Mulut Hingga Pikiran

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Mengunyah permen karet bukan hanya kebiasaan yang menyenangkan, tetapi juga dapat memberikan sejumlah manfaat yang signifikan bagi kesehatan mulut dan bahkan pikiran.

Di samping memberikan rasa segar, mengunyah permen karet secara teratur dapat menjadi kebiasaan sehat dengan berbagai dampak positif. Dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan menjelajahi 10 manfaat mengunyah permen karet untuk mulut dan pikiran Anda.

1. Meningkatkan Produksi Air Liur

Mengunyah permen karet merangsang kelenjar air liur, yang membantu meningkatkan produksi air liur secara alami. Air liur memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mulut, karena mengandung enzim yang membantu mencerna makanan dan melawan bakteri penyebab kerusakan gigi.

BACA JUGA:Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara, Lempar Bunga ke Laut Hingga Kenakan Celana Dalam Merah

BACA JUGA:Jangan Keseringan Langsung Tidur Setelah Makan, Kenali Bahaya yang Akan Terjadi

2. Mencegah Karies Gigi

Dengan meningkatkan produksi air liur, mengunyah permen karet dapat membantu mencegah karies gigi. Air liur membantu membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri dari permukaan gigi, mengurangi risiko pembentukan plak dan kerusakan gigi.

3. Menyegarkan Nafas

Salah satu manfaat paling terkenal dari mengunyah permen karet adalah menyegarkan nafas. Kandungan mint atau peppermint dalam permen karet dapat memberikan sensasi segar dan mengurangi bau mulut yang tidak sedap.

4. Mengurangi Rasa Sakit pada Telinga saat Naik Pesawat atau Berkendara Tinggi

Mengunyah permen karet dapat membantu meredakan tekanan pada telinga saat naik pesawat atau berkendara tinggi. Gerakan mengunyah membantu membuka saluran Eustachius, yang dapat membantu meredakan rasa sakit atau ketidaknyamanan pada telinga.

BACA JUGA:Tak Hanya Mempercantik Kamar, 5 Tanaman Ini Dipercaya Mampu Membuat Tidur Jadi Lebih Nyenyak, Benarkah?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: