Lebih Sehat Mana, Kopi Panas atau Kopi Dingin, Cek Fakta Berikut

Lebih Sehat Mana, Kopi Panas atau Kopi Dingin, Cek Fakta Berikut

Ilustrasi--

Lebih Sehat Mana, Kopi Panas atau Kopi Dingin, Cek Fakta Berikut 

RAKYAT BENTENG.COM - Banyak Coffee Shop menyuguhkan dua pilihan penyeduhan kepada penikmat kopi. Apakah dengan air panas atau ditambahkan es. Tentu penyeduhan kopi dengan air panas maupun dengan es memiliki perbedaan. Kembali ke selera masing-masing.

Dalam artikel berikut akan diulas perbedaan menyeduh kopi dengan air panas dan ditambahkan es, berikut dari sisi kesehatannya 

1. Rasa

Dilansir dari hellosehat.com kopi dingin memiliki rasa yang tidak terlalu pahit dibandingkan dengan kopi panas

Studi dalam jurnal Foods menyebutkan bahwa perbedaan rasa antara kopi panas dan kopi dingin berasal dari perbedaan zat kimia di dalamnya.  

Dalam penelitian tersebut, kopi panas memiliki warna yang lebih gelap serta rasa yang lebih pahit dan sepat karena kandungan senyawa asam fenolik, alkaloid, dan flavonoid.

2. Tingkat keasaman 

Kopi panas memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi dibandingkan dengan es kopi.

BACA JUGA:Rutin Gosok Gigi Ternyata Bisa Menurunkan Risiko Penyakit Ini

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tahu, Rambut Jagung Menyimpan Manfaat Bagi Kesehatan, Jangan Dibuang

Pasalnya, air panas yang digunakan untuk menyeduh kopi akan mengeluarkan asam yang lebih banyak dari biji kopi. Sementara itu, es batu akan lebih mengencerkan konsentrat kopi sehingga kandungan asamnya pun lebih sedikit.

Karena tingkat keasamannya lebih rendah, kopi dingin  lebih aman untuk orang yang sensitif terhadap kafein atau punya masalah pencernaan, seperti maag atau refluks asam lambung

3. Kandungan kafein

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: