Selain Stres, Beberapa Masalah Kesehatan Terhadap Kucing yang Baru Diadopsi Sangat Rentan Terjadi, Apa Sajakah

Selain Stres, Beberapa Masalah Kesehatan Terhadap Kucing yang Baru Diadopsi Sangat Rentan Terjadi, Apa Sajakah

ilustrasi--

Selain Stres, Beberapa Masalah Kesehatan Terhadap Kucing yang Baru Diadopsi Sangat Rentan Terjadi, Apa Sajakah

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Ketika seseorang baru saja mengadopsi seekor kucing, masalah utama yang harus diwaspadai yaitu terkait kesehatan si kucing.

Umumnya, kucing yang baru saja diadopsi oleh pemilik baru biasanya akan mengalami stres. Hal ini bisa terjadi karena faktor pemilik baru maupun lingkungan yang baru.

Penyesuaian menjadi sesuatu yang harus dipertimbangkan. Terlebih jika kucing yang baru diadopsi merupakan salah satu jenis kucing yang dengan karakteristik pemalu. Proses adaptasinya pun akan begitu sulit dan beberapa masalah kesehatan pun pasti akan terjadi.

Terlepas dari itu semua, tahukah cat lovers, bahwa ada beberapa masalah kesehatan yang rentan terjadi terhadap kucing yang baru saja diadopsi? Tak hanya stres saja loh!

1. Stres dan Penyesuaian

Ketika kucing baru tiba di rumah baru, mereka sering mengalami stres akibat perubahan lingkungan dan rutinitas. Kucing cenderung lebih rentan terhadap penyakit ketika mereka stres. Tanda-tanda stres pada kucing meliputi keengganan untuk makan, bersembunyi, dan perilaku yang tidak biasa. Untuk mengatasi masalah ini, penting bagi pemilik untuk memberikan lingkungan yang tenang, memberikan ruang pribadi, dan memberikan waktu adaptasi yang cukup.

2. Infeksi Saluran Pernapasan Atas (URTI)

Kucing yang baru diadopsi sering kali terpapar dengan berbagai virus yang dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas. Gejala URTI melibatkan bersin, hidung berair, dan demam. Menjaga kebersihan lingkungan dan memberikan vaksin yang tepat dapat membantu mencegah penyakit ini.

3. Cacingan dan Parasit Internal

Kucing yang tinggal di lingkungan yang tidak bersih atau kucing liar memiliki risiko tinggi terkena cacingan dan parasit internal. Infeksi ini dapat merugikan kesehatan kucing dan bahkan dapat ditularkan ke manusia. Pemilik harus memastikan kucing mendapatkan perawatan cacingan rutin dan pengobatan anti-parasit sesuai dengan anjuran dokter hewan.

4. Kurang Nutrisi

Beberapa kucing yang baru diadopsi mungkin telah mengalami masa kekurangan nutrisi sebelumnya. Hal ini dapat memengaruhi pertumbuhan dan sistem kekebalan tubuh. Pemilik perlu memberikan makanan berkualitas tinggi dan memberikan perhatian khusus pada kebutuhan nutrisi kucing yang baru diadopsi.

5. Masalah Kulit dan Bulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: