3.246 ASN Siap-Siap, Pemindahan ke Ibu Kota Nusantara Dimulai pada Bulan

3.246 ASN Siap-Siap, Pemindahan ke Ibu Kota Nusantara Dimulai pada Bulan

Gambar rusun yang diperuntukkan bagi ASN dan Hankam di IKN. (dok kemenpupr)--

3.246 ASN Siap-Siap, Pemindahan ke Ibu Kota Nusantara Dimulai pada Bulan 

RAKYAT BENTENG.COM - Sebanyak 3.246 Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada tahap pertama. Secara bertahap pemindahan tersebut akan dimulai bulan Juli hingga November 2024 mendatang.

"ASN yang pindah pertama nanti dari 37 kementerian/lembaga. Rencananya sudah disiapkan 1.740 hunian untuk mereka," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas di Jakarta, Sabtu 16 Desember 2023 dilansir dari menpan.go.id.

Anas mengatakan lebih lanjut bahwa pemindahan ASN ke IKN bukan hanya sekadar relokasi fisik, melainkan juga sebuah transformasi dalam budaya kerja dan pelayanan publik.

Anas meminta setiap kementerian/lembaga mempersiapkan SDM yang akan pindah sesuai dengan kebutuhan jabatan dan layanan berdasarkan kompetensi masing-masing.

BACA JUGA:Ketua DPRD Bengkulu Tengah Minta Pj Bupati Prioritaskan Pejabat Lokal Duduki Jabatan Lowong, Alasannya

BACA JUGA:Uji Kompetensi, 1 Peserta Tidak Hadir, 45 Lainnya Lolos ke Tahapan Selanjutnya

Menurutnya, pemindahan ASN ke IKN merupakan langkah strategis dalam memperkuat administrasi publik dan mendukung visi pembangunan nasional. Pemindahan IKN sekaligus menjadi momentum penerapan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien.

Proses pemindahan tersebut melibatkan berbagai upaya termasuk transformasi cara kerja atau simplifikasi proses bisnis, pelaksanaan pemerintahan digital, penataan manajemen ASN, dan penguatan koordinasi antar institusi, terutama pelibatan ASN pemda penyangga IKN.

"Dengan koordinasi yang baik antara pemerintah, aparatur negara, dan berbagai pihak terkait, diharapkan pemindahan ini dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat," kata Anas.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: