Waspada! Masalah Kesehatan Mental Rentan Terjadi dari Usia Remaja Hingga Dewasa, Perhatikan Tandanya

Waspada! Masalah Kesehatan Mental Rentan Terjadi dari Usia Remaja Hingga Dewasa, Perhatikan Tandanya

ilustrasi--

Waspada! Masalah Kesehatan Mental Rentan Terjadi dari Usia Remaja Hingga Dewasa, Perhatikan Tandanya

RAKYATBENTENG.DISWAY.ID - Kesehatan mental merupakan aspek yang tidak kalah pentingnya dengan kesehatan fisik. Sayangnya, masih banyak orang yang kurang memahami atau bahkan mengabaikan masalah kesehatan mental.

Masalah ini dapat dialami oleh siapa pun, tanpa memandang usia. Seperti pada artikel kali ini, yang akan menjelajahi tentang masalah kesehatan mental yang bisa terjadi dari rentan usia remaja hingga dewasa, serta tanda dan gejala yang perlu diwaspadai.

Kesehatan Mental dari Remaja hingga Dewasa

1. Depresi dan Kecemasan

Depresi dan kecemasan adalah dua masalah kesehatan mental yang umumnya muncul di berbagai rentang usia, termasuk remaja dan dewasa. Remaja mungkin mengalami tekanan dari sekolah, teman sebaya, atau perubahan fisik dan hormon. Di sisi lain, dewasa seringkali dihadapkan pada tekanan pekerjaan, masalah keuangan, atau konflik hubungan.

BACA JUGA:Sempat Tembus Rp100.000 per Kg, Harga Cabai di Bengkulu Tengah Terkini

BACA JUGA:Tips Hidup Sehat, Berikut Ini Cara Menurunkan Berat Badan Anda Yang Berlebihan

2. Gangguan Makan

Gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia juga dapat muncul pada remaja dan dewasa. Perasaan tidak puas dengan penampilan fisik dapat menjadi pemicu, dan tekanan untuk mencapai standar kecantikan tertentu dapat memperburuk masalah ini.

3. Gangguan Bipolar

Gangguan bipolar dapat mulai muncul pada masa remaja dan terus berlanjut hingga dewasa. Gejala ini melibatkan perubahan suasana hati yang drastis antara episode depresi dan mania.

4. Gangguan Stres Pasca Trauma (PTSD)

Trauma di masa remaja, seperti pelecehan atau kejadian traumatis lainnya, bisa menjadi pemicu PTSD yang dapat berlanjut hingga usia dewasa. Orang dewasa juga dapat mengalami trauma yang memicu PTSD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: