Begini Penampakan Kengerian Erupsi Gunung Anak Krakatau, PVMBG Rekomendasikan

Begini Penampakan Kengerian Erupsi Gunung Anak Krakatau, PVMBG Rekomendasikan

--

Begini Penampakan Kengerian Erupsi Gunung Anak Krakatau, PVMBG Rekomendasikan 

RAKYAT BENTENG.COM - Gunung Api Anak Krakatau di perairan Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung alami erupsi. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi dari Kementerian ESDM RI mencatat, pada hari ini saja Minggu 3 Desember 2023 hingga pukul 11.38 WIB gunung sudah tiga kali erupsi. 

Dalam laporan yang dilansir dari website magma.esdm.go.id erupsi pada pukul 11:38 WIB tinggi kolom letusan teramati ± 1500 m di atas puncak (± 1657 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal ke arah barat laut. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 75 mm dan durasi 62 detik.

Erupsi sebelumnya, pukul 09:08 WIB tinggi kolom letusan teramati ± 800 m di atas puncak (± 957 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal ke arah barat. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 72 mm dan durasi 34 detik.

BACA JUGA:Gempa Bumi Berkekuatan Magnitudo 5,0 Guncang Bengkulu di Malam Minggu

BACA JUGA:Biaya Haji Tahun 2024 Telah Ditetapkan Rp93.410.286, Berapa yang Harus Dibayar Calon Jemaah?

Sedangkan erupsi pertama terjadi pukul 06:26 WIB. Dimana tinggi kolom letusan teramati ± 800 m di atas puncak (± 957 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah barat laut. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 70 mm dan durasi 28 detik.

PVMBG mengeluarkan rekomendasi agar masyarakat atau pengunjung, wisatawan ataupun pendaki tidak mendekati gunung atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif.

Pada hari sebelumnya, Sabtu, 2 Desember 2023, Gunung Anak Krakatau juga erupsi sebanyak tiga kali dengan waktu berbeda. Terakhir pada malam pukul 22:37 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 800 m di atas puncak (± 957 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah barat laut. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 50 mm dan durasi 34 detik.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: