TNI AU Kerahkan 2 Pesawat C-130 Hercules, Bawa Ini untuk Rakyat Palestina dari Rakyat Indonesia

TNI AU Kerahkan 2 Pesawat C-130 Hercules, Bawa Ini untuk Rakyat Palestina dari Rakyat Indonesia

Ilustrasi Pesawat Hercules--

TNI AU Kerahkan 2 Pesawat C-130 Hercules, Bawa Ini untuk Rakyat Palestina dari Rakyat Indonesia

RAKYAT BENTENG.COM - Dua unit pesawat C-130 Hercules telah disiapkan oleh TNI Angkatan Udara (TNI AU) untuk membawa bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina. Dua pesawat masing-masing A-1327 dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, dan A-1328 dari Skadron udara 32 Lanud Abd. Saleh Malang.

Pengiriman dua pesawat C-130 Hercules sesuai instruksi Panglima TNI kepada Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., sebagai bentuk kepedulian pemerintah Indonesia kepada rakyat Palestina di Gaza.

Sebanyak 26 ton bantuan kemanusiaan untuk Rakyat Palestina telah siap diberangkatkan dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Rencana pelepasan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Sabtu 4 November 2023. Bertindak sebagai Mission Commander Kolonel Pnb Subhan.

Pengiriman bantuan kemanusian ini mencerminkan komitmen dan kepedulian Indonesia kepada rakyat Palestina yang telah lama menghadapi kondisi sulit. Langkah ini juga menjadi bukti konkret dari dukungan Indonesia terhadap perdamaian dan kemanusiaan di dunia.

Bantuan yang berasal dari Palang Merah Indonesia (PMI), Baznas, HFI, Kemenhan RI dan relawan “Kita Bisa” ini, seluruh bantuan telah tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Jumat 3 November 2023.

BACA JUGA:Bengkulu Tengah Dilanda Kekeringan, Sekda Rachmat: Kita Suplai Air Bersih

BACA JUGA:Lulusan SMA Merapat! Ini Dia Link Pendaftaran dan Tahapan Seleksi Lowong Calon Mitra Statistik 2024

BACA JUGA:Menlu Retno Ceritakan Perjuangan Evakuasi WNI dari Gaza, Terjadi Serangan di Perjalanan

Adapun rute Penerbangan C-130 Hercules, Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta – Lanud Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh) – Yangon (Myanmar) – New Dehli (India). Esok harinya Minggu 5 November 2023 akan melanjutkan penerbangan dari New Dehli – Abu Dhabi – Jeddah. Selanjutnya Senin 6 November 2023 Jeddah – El Arish (Mesir) – Jeddah – Abu Dhabi. Besmml pada Selasa 8 November 2023 Abu Dhabi – Mumbai – Yangon. Yangon Sim – Halim pada Rabu 8 November 2023.

Ketua Umum PMI H.M Jusuf Kalla saat meninjau loading barang di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, mengatakan, pengaturan pengiriman bantuan dari Mesir ke Palestina bekerjasama dengan PMI Mesir dan PMI internasional.

“Kita nanti lewat palang merah Mesir, dari situ diatur palang merah internasional, karena itu yg bisa masuk,” ujar Ketua Umum PMI dilansir dari situs resmi Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara, tni-au.mil.id.

Bantuan kemanusian tersebut mencakup berbagai jenis diantaranya, obat-obatan, perlengkapan wanita dan anak-anak, makanan, alat penunjang disabilitas/hegiene kit, selimut dan barang-barang lainnya yang sangat dibutuhkan oleh rakyat Palestina.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: