5 Makanan Pantangan yang Harus Dihindari oleh Penderita Ambeien, Salah Satunya Makanan Siap Saji

5 Makanan Pantangan yang Harus Dihindari oleh Penderita Ambeien, Salah Satunya Makanan Siap Saji

Ilustrasi--

5 Makanan Pantangan yang Harus Dihindari oleh Penderita Ambeien, Salah Satunya Makanan Siap Saji

RAKYAT BENTENG.COM - Penyakit Ambeien atau wasir adalah kondisi yang melibatkan pembengkakan dan peradangan pembuluh darah di sekitar rektum dan anus. 

Lalu apa sajakah gejala yang dialami penderita Ambeien? Biasanya penderita akan mengalami gejala mulai dari nyeri, gatal-gatal, perdarahan, prolaps (penonjolan), konstipasi atau diare. Hal ini membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Penyebabnya pun beragam, namun yang paling umum yaitu konstipasi kronis. Tekanan yang diberikan pada pembuluh darah di sekitar anus selama upaya buang air besar yang keras dapat menyebabkan pembengkakan.

Disisi lain, diare yang sering dan kronis juga dapat menyebabkan ambeien. Ini disebabkan karena tekanan berlebihan di dalam saluran pencernaan.

Namun ada juga yang menyebutkan gejala ambeien bisa terjadi karena kehamilan. Mungkin ini terjadi karena kehamilan dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di panggul.

Lalu, bagaimana langkah pengobatan terhadap penyakit yang satu ini? Serta apa saja makanan yang harus dihindari oleh penderita ambeien? berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber

Pengobatan Ambeien

Pengobatan ambeien dapat mencakup berbagai metode, mulai dari perubahan gaya hidup hingga tindakan medis. Berikut beberapa pilihan pengobatan yang bisa dilakukan:

1. Perubahan Gaya Hidup: Perubahan diet, termasuk peningkatan asupan serat dan cairan, dapat membantu mencegah atau meredakan gejala ambeien.

2. Obat-obatan: Dokter dapat meresepkan obat untuk mengurangi peradangan dan gejala seperti nyeri dan gatal.

3. Pengobatan Topikal: Krim atau salep topikal dapat digunakan untuk meredakan gatal dan peradangan.

BACA JUGA:Sosok Pria Asal Blitar Ini Tak Setenar Ikan yang Ditemukannya, Yuk Simak Kisah Mbah Moedjair

BACA JUGA:Madrasah di Kabupaten Terujung Ini Satu-satunya Peraih Penghargaan Adiwiyata Nasional 2023 Wakil Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: