Selamat kepada 22 Penerima Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2023 dari Perpusnas, Ini Dia Daftarnya

Selamat kepada 22 Penerima Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2023 dari Perpusnas, Ini Dia Daftarnya

tangkapan layar youtube--

Selamat kepada 22 Penerima Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2023 dari Perpusnas, Ini Dia Daftarnya

RAKYAT BENTENG.COM - Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) memberikan penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2023 kepada 22 individu serta lembaga dari tujuh kategori berbeda. Penghargaan diberikan pada malam Gemilang Perpustakaan 2023 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Rabu 11 Oktober 2023.

Untuk diketahui, Nugra Jasa Dharma Pustaloka merupakan apresiasi tertinggi dari Pemerintah melalui Perpusnas kepada masyarakat baik perorangan, kelompok, dan lembaga yang berhasil meningkatkan literasi dan kegemaran membaca secara aktif, efektif, dan inovatif melalui pendayagunaan perpustakaan.

Ketujuh kategori tersebut antara lain Pejabat Publik, Masyarakat, Pegiat Literasi, Media Massa, Jurnalis, Pelestari Naskah Kuno, dan Lifetime Achievement.

Di samping itu, pada malam Gemilang Perpustakaan 2023, turut diberikan penghargaan dari perlombaan dan sayembara yang dilakukan Perpusnas seperti Buku Terbaik, lomba Pustakawan Berprestasi Terbaik Nasional, Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik, lomba Best Practice Perpustakaan Perguruan Tinggi, dan Sayembara Literasi Terapan Berbasis Konten Lokal.

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando dalam sambutannya mengatakan pemberian apresiasi ini merupakan mandat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, dimana pemerintah pusat dan daerah memberikan penghargaan kepada masyarakat yang berhasil melakukan gerakan pembudayaan gemar membaca.

"Upaya ini dilakukan demi mencapai cita-cita dalam pembukaan UUD yakni mencerdaskan anak bangsa,” imbuh Syarif Bando dilansir dari laman perpusnas.go.id.

BACA JUGA:Pemerintah Targetkan 500.000 Unit Alat Masak Listrik Hibah Tersalurkan di Tahun Ini

Penerima Nugra Jasa Dharma Pustaloka kategori Lifetime Achievement yang merupakan Ketua Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman mengatakan perpustakaan merupakan lembaga terhormat karena menyediakan dan mengajarkan ilmu.

"Ilmu yang ditransfer tidak akan pernah habis dan pupus meski usia ada batasnya," ucap Anwar Usman.

Anwar mengakui Mahkamah Konstitusi hingga saat ini telah menerbitkan 1.172 judul buku.

Baginya, ini merupakan capaian luar biasa jika dibandingkan dengan usia Mahkamah Konstitusi yang baru berusia 20 tahun.

Berkonsep edutaiment, Gemilang Perpustakaan 2023 mengusung tema “Perpustakaan Gemilang, Literasi Melaju, Indonesia Maju”.

Tema ini mencerminkan semangat transformasi perpustakaan membangun literasi negeri dengan inklusivitas layanan perpustakaan sehingga tercipta kualitas masyarakat Indonesia yang mandiri, kreatif, dan inovatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: