Hari Batik Nasional, Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh, Waktu Tempuh Hanya 45 Menit

Hari Batik Nasional, Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh, Waktu Tempuh Hanya 45 Menit

Presiden Jokowi meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.--

Hari Batik Nasional, Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh, Waktu Tempuh Hanya 45 Menit

 

RAKYATBENTENG.COM – Tepat pada Hari Batik Nasional yang jatuh pada Senin 2 Oktober 2023 pagi hari ini, Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi meresmikan langsung Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh. Peresmian di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta Timur, Presiden Jokowi didampingi istri, Iriana Jokowi dan para menteri.

 

Dirangkum dari beberapa media resmi, Peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung merupakan kereta pertama di Indonesia dan Asia Tenggara ini juga ditandatangi dengan penandatangan prasasti oleh Presiden Jokowi.

 

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh saya nyatakan resmi dioperasikan. Kereta cepat ini kita namakan Whoosh. Dibaca wussss. Terinspirasi dari suara saat kereta melaju, melintas dengan kecepatan tinggi," ucap Jokowi.

BACA JUGA:Beasiswa BSI Maslahat: Dapat Uang Kuliah Rp3.000.000 dan Uang Saku Rp500.000, Pendaftaran Ditutup Tanggal

 

Usai peresmian, Presiden Jokowi dan istri menaikin Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan dengan nomor kereta G5901, berangkat dari Stasiun Halim di Jakarta Timur menuju ke Stasiun Padalarang di Bandung Barat. Presiden Jokowi dan istri selama perjalanan duduk di seat 1-2.

 

Turut hadir dalam peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri ATR/BPN Hadi tjahjanto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Ketua Wantimpres Wiranto bersama para anggota Wantimpres yakni Sidharto Danusubroto, Putri Kuswisnuwardhani dan Agung Laksono.

BACA JUGA:Promo JCO Hari Ini, Modal Rp57 Ribu Dapat 1 Lusin Dozen Donuts + 2 Beverage Due, Ada Juga Paket 2 Jcool Couple

 

Kemudian, Ketua MPR Bambang Susatyo, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid dan Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad. Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi, Pj Gubernur Jabat Bey Machmudin, , Dirut KAI Didiek Hartantyo, Dirut KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, dan CEO Trans Media Chairul tanjung.

 

Fakta Kereta Cepat Jakarta-Bandung

 

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. Kereta ini memiliki kecepatan 350 km per jam dengan waktu tempuh lebih kurang 25 menit hingga 30 menit dari Halim-Padalarang sepanjang 125 km. Kemudian dilanjutkan dengan Kereta Feeder menuju pusat Kota Bandung yang memakan waktu 20 menit.

BACA JUGA:Promo Spesial HUT Mandiri ke-25, Beli 2 Tiket Nonton Cinema XXI Cuma Bayar 25%, Baca Syarat dan Ketentuannya

 

Terdapat empat stasiun pemberhentian yakni, Stasiun Halim, Stasiun Padalarang, Stasiun Karawang dan Stasiun Tegalluar. Kereta ini memiliki 8 gerbong dengan kursi kategori first class, business class dan economy class. Jumlah penumpang mencapai 562 orang.

 

Setiap stasiun pemberhentian memiliki desain khas budaya daerah dan terintegrasi dan terhubung pada akses daerah lainnya. Untuk diketahui, sebelumnya sudah dilakukan uji coba pada September 2023 lalu secara gratis kepada masyarakat.(**)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: