Wuzz.., Laju Kereta Cepat Jakarta-Bandung Capai 350 KM/Jam, Raih Rekor

Wuzz.., Laju Kereta Cepat Jakarta-Bandung Capai 350 KM/Jam, Raih Rekor

kereta cepat jakarta - bandung --

RAKYAT BENTENG.COM - Kecepatan Kereta Cepat Jakarta Bandung (disway.id/listtag/44023/kcjb">KCJB) memecahkan rekor MURI setelah kecepatannya ditingkatkan dari 300 menjadi 350 Kilometer per jam (km/jam). 

Dilansir dari jawapos.com, perolehan rekor MURI usai dilakukan uji coba pada Kamis (22/06/2023) kemarin. 

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan hingga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi turut hadir dalam uji coba tersebut.

"Tadi (Kamis, red) kami coba (KCJB) dengan kecepatan 350 km/jam sampai ada sebentar peak-nya di 385 km/jam," kata Luhut dalam konferensi pers di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur.

Dalam uji coba KCJB ini, perjalanan dari Stasiun Kereta Cepat di Halim hingga ke Stasiun Padalarang hanya memakan waktu sekitar 30 menit. Sementara perjalanan ke Stasiun Tegalluar hanya ditempuh dalam 45 menit.

Menurut Luhut, perjalanan kereta menuju Bandung ini bisa dilakukan dengan nyaman hingga dimanfaatkan untuk rapat. Ia juga memastikan, uji coba berjalan dengan lancar dan tanpa kendala. 

"Betapa nyamannya naik kereta api ini karena menurut saya tingkat suara, kekedapan suara, kemudian goyangannya dan sebagainya betul-betul bagus. Dan kita bisa rapat di dalam tanpa suara keras dengan suara yang biasa saja, itu saya kira loncatan teknologi," ungkapnya.

Sebelumnya, PT. Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) melakukan uji coba KCJB hingga kecepatan 300 kilometer per jam pada Jumat (16/06/2023) menggunakan CIT atau kereta inspeksi.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan, tercapainya puncak kecepatan tersebut dikarenakan adanya penyempurnaan prasarana seperti jalur, kelistrikan, persinyalan, peningkatan faktor keselamatan, serta monitoring dan evaluasi yang terus dilakukan secara rutin.(tim) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: