Memelihara Kucing Berpengaruh Positif Bagi Kesehatan, Mitos atau Fakta?

Memelihara Kucing Berpengaruh Positif Bagi Kesehatan, Mitos atau Fakta?

ilustrasi--

Memelihara Kucing Berpengaruh Positif Bagi Kesehatan, Mitos atau Fakta? 

RAKYAT BENTENG.COM - Kucing dijadikan hewan peliharaan pilihan utama bagi banyak orang di dunia, karena memiliki wajah dan fisik yang menggemaskan. Tentunya karakteristik ini membuat kucing bisa menjadi teman bermain yang menyenangkan dan membuat hari menjadi lebih berwarna.

Tidak sedikit juga yang percaya bahwa memelihara kucing bermanfaat buat kesehatan mental dan fisik. Apakah kepercayaan tersebut mitos belaka atau fakta, cek artikel berikut ini dilansir dari hellosehat.com : 

1. Mengurangi kecemasan

Sebuah studi terbitan Animals (2021) menemukan bahwa manfaat memelihara kucing bisa mengurangi kecemasan. dimana hubungannya? 

Kontak fisik dengan kucing peliharaan menciptakan dukungan emosional yang sama seperti saat Anda melakukan interaksi sosial. 

Hal ini bisa mengurangi perasaan tertekan, kecemasan, dan emosi negatif lainnya. Bermain dengan kucing juga membantu menghilangkan kesepian saat depresi. 

Tidak hanya itu, suara dengkur kucing bisa membantu menenangkan sistem saraf, sehingga Anda bisa merasa lebih lega dan rileks saat mengalami stres.

2. Memberikan dukungan emosional

Interaksi dengan hewan peliharaan bisa menciptakan ikatan emosional yang serupa seperti hubungan sosial dengan manusia. 

Membangun ikatan emosional dengan kucing peliharaan bisa membuat Anda merasa lebih aman dan bahagia.

Tinjauan dalam jurnal Applied Developmental Science (2020) menyebutkan kucing menjadi bagian dari keluarga yang tak bisa dipisahkan.

BACA JUGA:Jangan Salah, Kucing Bombay dan Kucing Hitam Tidaklah Sama, Simak Nih Perbedaannya

BACA JUGA:Kucing Ras Asli Indonesia Ini Dipercaya Memiliki Kekuatan Gaib

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: