Bukit Ini Diyakini Tempat Bersemayam Bidadari, Lokasi Tak Jauh dari Provinsi Bengkulu

Bukit Ini Diyakini Tempat Bersemayam Bidadari, Lokasi Tak Jauh dari Provinsi Bengkulu

Ilustrasi--

RAKYAT BENTENG.COM - Di Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi terdapat sebuah lokasi dataran tinggi yang konon dipercaya sebagai tempat bersemayamnya bidadari yang turun dari Khayangan. Wow!

Kepercayaan tersebut cukup beralasan mengingat lokasi yang bernama Bukit Khayangan berada di ketinggian sekitar 2.000mdpl, dikutip dari laman kebudayaan.kemdikbud.go.id serta berbatasan langsung dengan Taman Nasinal Kerinci Seblat. Itu artinya ketinggian Bukit Khayangan melebihi dari separo ketinggian Gunung Kerinci, yakni 3.805 mdpl. 

Jika kita berada di atas bukit pada saat cuaca sedang berkabut atau mendung kita akan disuguhkan fenomena alam yang menakjubkan, dimana posisi kita seolah-olah sedang berada di atas awan sebuah Negeri Khayangan. Oleh karena itulah tercipta penamaan Bukit Khayangan yang dipercaya sebagai tempat tinggalnya Bidadari. 

Memandang ke arah barat akan tampak hamparan pohon-pohon besar nan rimbun, pada bukit-bukit yang merupakan gugusan Bukit Barisan. Pada sejumlah bagian puncak bukit, hamparan pinus juga menarik untuk dinikmati. Ke arah timur, tampak hamparan Kota Sungai Penuh yang dipadati permukiman. Terlihat Danau Kerinci dari kejauhan. Gunung Kerinci juga tampak jelas. 

BACA JUGA:Dilaporkan ALMI atas Dugaan Mempromosikan Situs Judi Online, Artis Cantik Ini Malah akan Dijadikan Duta

BACA JUGA:Berikut 7 Jenis Pelanggaran yang Jadi Sasaran Operasi Zebra 2023, Lengkap dengan Besaran Dendanya

Dirangkum dari berbagai sumber, alamat Bukit Khayangan berada di Desa Renah Kayu Embun, Kecamatan Kumun Debai, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Dekat dari kabupaten tetangga yakni Pesisir Selatan, Sumatera Barat serta memakan waktu tempuh kurang lebih 3,5 jam dari Kecamatan Lubuk Pinang, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. 

Akses jalan menuju Bukit Khayangan dari Lapangan Merdeka Kota Sungai Penuh hanya berjarak 8 kilometer, dengan total waktu tempuh kurang lebih hanya 20 menit. 

Pada tahun 2017 lalu, Bukit Khayangan dinobatkan sebagai Dataran Tinggi Terpopuler yang ada di Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan dalam acara Anugerah Pesona Indonesia, atau lebih dikenal dengan singkatan API, yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

API sendiri merupakan ajang untuk memberikan apresiasi terhadap dunia wisata yang ada di Indonesia, dan menjadi ajang wisata terbesar di tingkat nasional.

So, jika kamu berkunjung ke Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi tak lengkap kalau belum berkunjung ke Bukit Khayangan, surga kecil di dataran tinggi Kerinci.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: