Intip Spesifikasi dan Harga Helikopter Pengusaha Tambang Batu Bara Asal Bengkulu yang Bikin Heboh

Intip Spesifikasi dan Harga Helikopter Pengusaha Tambang Batu Bara Asal Bengkulu yang Bikin Heboh

Ilustrasi--

RAKYAT BENTENG.COM - Penerbangan Helikopter di langit Bengkulu pada Kamis 31 Agustus 2023 siang yang belakangan diketahui milik seorang pengusaha tambang batu bara asal Bengkulu Utara (BU) yang berdomisili di Desa Nakau, Kecamatan Talang Empat Bengkulu Tengah (Benteng) langsung jadi trending topik di tengah masyarakat. Sampai-sampai sang pemilik, Zulman SJ langsung mendapat julukan "Sultan Bengkulu" lantaran kemampuan finansialnya memiliki helikopter.

Meskipun wartawan belum berhasil menyaksikan secara langsung helikopter dan bertemu dengan Zulman yang merupakan paman kandung dari Wakil Bupati BU, Arie Septia Adinata. untuk mewawancaranya, namun dari informasi terhimpun, helikopter tersebut didatangkan sebagai moda transportasi untuk melancarkan aktivitasnya sebagai pengusaha.

Dari foto yang beredar, helikopter yang mendarat di lapangan helipad kediaman pribadi saudara kandung dari Yanto SG di pinggir jalan lintas Bengkulu - Kepahiang terdapat tulisan Bell 429.

Dilansir dari laman airspace-review.com,
Helikopter Bell-429 dijuluki Global Ranger. Helikopter ringan bermesin ganda ini digunakan untuk melayani jasa angkutan udara di Jakarta maupun ke kota-kota terdekat lainnya. Untuk angkutan penumpang, Bell 429 dapat menampung hingga enam orang di kabin penumpang dengan kursi yang nyaman.

Pengembang helikopter tersebut adalah Bell Textron, sebelumnya bernama Bell Helicopter. Perusahaan pembuat helikopter yang berpusat di Fort Worth, Texas, Amerika Serikat. Bell adalah bagian dari Textron, dan memproduksi helikopter militer di Amerika Serikat, dan produk pesawat terbang rotor komersiil di Kanada.

Helikopter Bell 429 pertama kali melaksanakan penerbangan perdananya pada tanggal 27 Februari 2007. Sertifikasi awalnya direncanakan dapat diraih pada akhir tahun 2007, namun kemudian terjadi tertundanya jadwal program.

Pada bulan Februari 2008, Bell sudah memiliki tiga unit Bell 429 dan telah membukukan uji akumulasi terbang sebanyak 600 jam terbang. Pengujian ketinggian terbang tinggi dilakukan di Colorado dan pengujian suhu tinggi dilakukan di Arizona.

BACA JUGA:HEBOH! Helikopter Mendarat di Desa Nakau Bengkulu Tengah, Ini Penampakannya

BACA JUGA:3 Nama Diajukan Duduki Jabatan Plt Kepala Badan Kesbangpol Bengkulu Tengah

Dikutip dari sumber lainnya, Helikopter Bell 429 memiliki beragam fitur teknologi terbaru, di antaranya teknologi 3 axis yang membuat helikopter mampu untuk terbang rolling, pitching dan yawing.

Helikopter digerakkan oleh sepasang mesin turboshaft Pratt & Whitney Canada PW207D1 yang masing-masing berdaya 625 shp.

Heli tersebut mampu dibesut dengan kecepatan jelajah 273 km/jam, ketinggian terbang maksimum 6.096 m, dan jangkauan operasi hingga 722 km.

Bell-429 dioperasikan seorang pilot dan seorang awak kabin untuk mengakomodasi enam orang. Volume kabin yakni 5,8 m kubik, sedangkan dimensinya memiliki panjang 12,70 m, tinggi, 4,04 m dan diameter rotor 10,97 m.

Bell-429 digunakan di Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa, Timur Tengah, dan Asia Pasifik, termasuk di Indonesia.

Bell 429 menawarkan peningkatan keselamatan dengan mengintegrasikan teknologi redundan dalam sistem hidrolik, avionik, serta pembangkit listrik. Hal ini membantu pesawat dalam mempertahankan fitur kinerja yang luar biasa, otoritas rotor ekor melalui semua kebutuhan daya, dan kemampuan OEI. Ini adalah platform yang stabil, khusus untuk operasi IFR Kategori A dan Single Pilot serta mematuhi peraturan OPS UE

Terlebih lagi, Sistem Kontrol Penerbangan Otomatis mengurangi beban kerja pilot saat terbang, sehingga meningkatkan kesadaran situasional. Pesawat ini mematuhi dan disertifikasi dengan standar kelayakan kecelakaan terbaru. Hal ini juga memenuhi kebutuhan keamanan tabrakan yang berlaku.

Pesawat ini disusun atau dibangun dengan Avionik Terintegrasi BasiX-ProTM serta Sistem Kontrol Penerbangan yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan pesawat bermesin ganda.

Dilansir dari laman fairlifts.com, harga Helikopter Bell 429 GlobalRanger baru berkisar antara $7 juta hingga $7,5 juta.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: