Siap-siap, 8 Instansi Ini Dikabarkan Buka Formasi SMA/SMK Seleksi CPNS 2023

Siap-siap, 8 Instansi Ini Dikabarkan Buka Formasi SMA/SMK Seleksi CPNS 2023

--

RAKYATBENTENG.COM – Rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023 kali ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk lulusan S1 maupun S2 saja. Tapi tahun ini juga dibuka kembali kesempatan untuk lulusan SMA/SMK sederajat. Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, terdapat beberapa instansi atau lembaga yang akan membuka peluang lowongan untuk formasi SMA/SMK tersebut. Salah satunya Kejaksaan Agung (Kejagung) RI yang membuka kesempatan bagi formasi SMA/SMK untuk lowong penjaga tahanan mencapai 2.258 orang. Nah, selain Kejaksaan Agung, terdapat informasi beberapa instansi atau lembaga lainnya yang akan membuka peluang yang sama jika berkaca dari tahun-tahun sebelumnya.

 

1.      Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

 

Formasi SMA/SMK sudah menjadi langganan untuk dibuka lowongnya pada seleksi CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Setiap kali perekrutan CPNS, formasi SMA/SMK ini selalu ada. Penempatannya untuk posisi sipir atau penjaga tahanan serta pemeriksa keimigrasian pelaksana atau pelamu. Jadi, tunggu saja informasi lowong formasi SMA/SMK untuk CPNS 2023 ini.

 

2.      2. Basarnas

 

Basarnas atau Badan Sar Nasional merupakan salah satu instansi, kementerian atau lembaga yang berpeluang membuka lowong pada seleksi CPNS 2023 untuk lulusan SMA/SMK. Melihat data dari tahun 2021, lowong yang dibutuhkan mulai dari Rescue Pemula, Juru Mudi, Juru Minyak, Markonis, Mualim I Kapal Kelas IV dan beberapa lowong lainnya. Adapun penempatan di sejumlah wilayah di Indonesia.

 

3.      Kejagung

 

Kejaksaan Agung (Kejagung) masuk dalam daftar instansi, kementerian atau lembaga yang berpeluang membuka lowong formasi SMA/SMK. Tahun lalu saja, terdapat 990 formasi untuk lowong tenaga administrasi penanganan perkara dan pengawal tahanan.

BACA JUGA:Paling Banyak Terima Formasi SMA/SMK Seleksi CPNS 2023, Lowong Penjaga Tahanan Bakal Jadi Primadona

BACA JUGA:Kejaksaan RI Buka Rekrutmen CPNS dan PPPK 2023, Ada Formasi SMA, Cek di Sini

 

4.      Kementerian Pertanian (Kementan)

 

Lowong bagi formasi SMA/SMK nampaknya juga akan dibuka oleh Kementerian Pertanian (Kementan) pada CPNS 2023 ini. Melihat rekrutmen sebelumnya, lowong yang dibutuhkan diantaranya paramedik karantina hewan, paramedik veteriner, pengawas mutu pakan, pengendali organisme penggangu tumbungan, pengendali benih tumbuhan.

 

5.      Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

 

Seleksi CPNS 2023 kali ini, Kementerian Perhubungan (Kemnhub) menjadi salah satu yang berpeluang membuka formasi SMA/SMK. Posisi jabatan biasanya untuk posisi perekayasa dan petugas pertolongan kecelakaan penerbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: