Ini Alasan Kenapa Olahan Belut Inovasi Desa Sri Kuncoro Dipuji Presiden Jokowi

Ini Alasan Kenapa Olahan Belut Inovasi Desa Sri Kuncoro Dipuji Presiden Jokowi

Ilustrasi--

RAKYAT BENTENG.COM - Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Bengkulu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat memuji inovasi makanan olahan belut dan singkong dari Desa Sri Kuncoro, Kecamatan Pondok Kelapa bekerjasama dengan puskesmas setempat sebagai asupan guna menurunkan angka stunting pada anak. 

Sebelum mengulas manfaat dari belut, jenis ikan dengan nama latin Anguilla rostrata, berikut kandungan gizi 100 gr belut berdasarkan Tabel Komposisi Pangan Indonesia.

Energi: 70 kal

Karbohidrat: 1 gr

Protein: 14,6 gr

Lemak: 0,8 gr

Adapun Manfaat dari Mengkonsumsi Belut dirangkum dari berbagai sumber

1. Perbaikan Pertumbuhan

Kandungan protein yang tinggi dan asam amino yang tinggi menjadikan belut bermanfaat untuk perbaikan pertumbuhan. Karena hal ini pula belut menjadi salah satu sumber protein hewani yang disarankan untuk mengatasi stunting. Selain belut ada pula susu, ikan, telur dan unggas yang menjadi sumber protein hewani yang baik untuk mengatasi stunting.

2. Baik untuk Otak

Belut juga mengandung asam lemak yang baik untuk otak. Hasil penelitian oleh Pandiangan dkk (2021), menunjukkan minyak ikan belut mengandung omega 3 dan omega 6. Zat gizi ini terkenal mampu meningkatkan fungsi otak, mencegah depresi hingga menjaga kesehatan mata.

BACA JUGA:Makanan Asli Indonesia yang Murah Meriah Ini Disebut Ampuh Mencegah Stunting

3. Menyembuhkan Luka

Mirip dengan ikan gabus, belut juga dapat menyembuhkan luka. Karena kandungan asam amino dan asam lemak yang tinggi maka menjadikan belut mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: