10 Tanaman Obat Ini Miliki Sejuta Manfaat, Cuss Buruan Tanam di Rumah!

10 Tanaman Obat Ini Miliki Sejuta Manfaat, Cuss Buruan Tanam di Rumah!

ilustrasi tanaman brotowali--

RAKYAT BENTENG.COM - Tanaman obat atau yang juga dikenal sebagai tumbuhan obat atau herbal sejak dulu dipakai dalam berbagai tradisi pengobatan di seluruh dunia, termasuk Tiongkok, dan Indonesia.

Tanaman obat mengandung senyawa aktif yang dapat memberikan efek farmakologis pada tubuh manusia. Di antaranya alkaloid, flavonoid, tanin, minyak atsiri, dan berbagai zat lainnya.

Terdapat beberapa tanaman herbal yang diyakini dapat mengobati berbagai penyakit. Maka dari itu alangkah baiknya jika kamu menanam sendiri tanaman obat di halaman rumah sehingga jika suatu saat dibutuhkan, maka kamu bisa langsung mengolah tanaman obat untuk membantu mengatasi penyakit yang kamu alami. 

Berikut jenis tanaman obat yang dianjurkan ditanam di rumahmu sebagaimana dikutip dari halodoc.com.

1. Bawang putih

Bawang putih adalah tanaman umbi yang memiliki banyak manfaat kesehatan dan sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan. Beberapa khasiatnya, antara lain:

Meningkatkan kekebalan tubuh. Bawang putih mengandung senyawa antibakteri, antiviral, dan antioksidan senyawa yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Menurunkan tekanan darah. Studi Effects of Allium sativum (garlic) on systolic and diastolic blood pressure in patients with essential hypertension yang dipublikasikan Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences menyebutkan, mengonsumsi 600 hingga 1.500 miligram ekstrak bawang putih dalam 24 minggu efektif menurunkan tekanan darah.

Menurunkan kolesterol. Senyawa allicin dalam bawang putih dapat membantu menghambat produksi kolesterol di hati.

Efek antioksidan. Antioksidan, seperti flavonoid dan belerang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Mengurangi risiko sakit jantung. Zat allicin dalam bawang putih juga dapat membantu melindungi jantung dengan meningkatkan aliran darah ke jantung. 

2. Serai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: