Para Guru Harus Tahu Nih, Sosok di Balik Lagu Oemar Bakrie, Siapa Sangka Murid-muridnya

Para Guru Harus Tahu Nih, Sosok di Balik Lagu Oemar Bakrie, Siapa Sangka Murid-muridnya

Ilustrasi__dok--

Siapa tidak tahu dengan penggalan lirik lagu yang satu ini? saking mengenanya, Oemar Bakri pada lagu legend karya musisi senior tanah air, Virgiawan Liestanto atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Iwan Fals, menjadi sebutan lain melekat bagi profesi guru, bahkan hingga saat sekarang ini. 

Tahukah kamu jika Oemar Bakri adalah tokoh fiktif, bukan sebenarnya nama seseorang. Namun kisah perjuangan, pengorbanan hingga keteladanan sang Oemar Bakri yang direprentasikan oleh Iwan Fals ke sebuah lirik lagu adalah nyata. Dan sosok yang menginspirasi Iwan dalam lagu Oemar Bakri ternyata gurunya sendiri ketika di SMP dulu, Abah Landoeng. 

BACA JUGA:Peringkat 72 dari 296 Peserta, Kades Syaifurohman Bawa Pulang

Mengutip dari berbagai sumber, Abah Landoeng lahir di Bandung, Jawa Barat pada tanggal 11 Juli 1926. Abah menempuh pendidikan lulus Hogere Burgerschool (HBS) karena ayahnya bekerja sebagai mandor di pembangunan Gedung Sate. 

BACA JUGA:Informasi Terbaru Kapan Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2023 Dibuka, Cek di Sini

HBS adalah pendidikan menengah umum pada zaman Belanda bagi orang Belanda, Eropa, Tionghoa, dan elit pribumi dengan bahasa pengantar bahasa Belanda. Masa studi HBS lima tahun.

BACA JUGA:BKN Setujui 4 ASN Bengkulu Tengah Ini Dipecat

Setelah lulus Algemeen Metddelbare School (AMS-setingkat SMA) sekitar tahun 1942, Abah muda gemar berkeliling Kota Bandung dengan sepeda kumbangnya. Jika bertemu seseorang di jalan Abah spontan menyapa dan bertanya apakah mereka bisa membaca. 

Jika belum, maka Abah dengan sukarela akan langsung mengajari mereka bermodalkan papan berukuran kecil dan kapur. Tak ayal, orang yang ditemui Abah pun antusias mendengar pelajaran dari Abah. Begitulah sekelumit kiprah Abah pada masa itu demi mencerdaskan anak bangsa. 

Pada tahun 1950 Landoeng diangkat menjadi guru fisika di SMPN 5 Bandung. Pada tahun 1955, ia juga tercatat sebagai panitia Konferensi Asia Afrika. Abah juga pernah ditugaskan Presiden Soekarno ke Malaysia, untuk membantu negara tetangga tersebut untuk memberantas buta huruf.

Sederet nama beken mulai dari artis hingga politisi pernah menjadi murid Abah. Selain dari Iwan Fals, juga ada Euis Komariah, Didi Petet, Guru Besar Unpad, Prof. Ina Primiana dan Gubernur, Ridwan Kamil. 

“8 Oktober 2016. Singaraja, Bali! Bersama Abah Landoeng, guru SMP saya dan salah satu inspirasi lagu Guru Oemar Bakri. Umur 91. Panjang umur terus, Bahh.” tulis Iwan Fals di unggahan akun instagramnya @iwanfals.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: