Cegah Penyakit Kronis, Puskesmas Lakukan Program Jitu Ini

Cegah Penyakit Kronis, Puskesmas Lakukan Program Jitu Ini

Puskesmas Sidodadi melaksanakan prolanis.--

RAKYATBENTENG.COM - Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Sidodadi Kecamatan Pondok Kelapa mengadakan kegiatan rutin Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis).

Kegiatan ini sebagai penerapan salah satu sistem pelayanan kesehatan yang proaktif dalam melakukan pemeriksaan kesehatan yang terintegrasi melibatkan peserta, fasilitas kesehatan dan BPJS kesehatan.

Tujuannya, untuk mendorong masyarakat yang menyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator 75 persen lebih baik dan hipertensi sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.

BACA JUGA:Hasil Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Keluar, Simak Penjelasannya

BACA JUGA:Asupan Tornas Baru, Ada yang Anggap Pemborosan, Kinerja Kades Ikut Dipertanyakan

Kepala Puskesmas Sidodadi, Radiansyah, S.Kep melalui Nilatul Asmi, S.ST mengatakan dalam kegiatan prolanis juga dilangsungkan pemeriksaan kesehatan khusus penderita penyakit kronis.

‘’Peserta kita sebanyak 80 orang dan mayoritas warga Sidodadi. Kemudian ada beberapa warga lainnya. Setiap Jum’at kita lakukan pengecekan kesehatan hipertensi dan kencing manis seperti cek tensi, cek gula darah,’’ kata Nilatul.

BACA JUGA:Keberadaan Taman Buru Tuai Polemik, Anggota DPR RI Kang Dedi Ambil Sikap Ini

BACA JUGA:Diundang Pertemuan, Ini Pesan Kapolres untuk Insan Pers

Nilatul menambahkan kegiatan ini lakukan secara rutin dengan diawali senam bersama.

Sementara itu, tentunya program ini guna memperpanjang angka harapan hidup.

‘’Rutin setiap hari Jum’at diawali dengan senam bersama selama kurang lebih 35 menit hingga 45 menit. Lalu dilanjutkan edukasi tentang hipertensi dan kencing manis yang dijelaskan secara langsung oleh dr. Siti Zahara. Prolanis ini bisa memberikan manfaat bagi para warga setempat terutama lansia dalam menjaga kesehatannya, sehingga bisa tetap produktif di hari tuanya,’’ demikian Nilatul.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: