Kurun Waktu 16 Hari, 6 Gunung Berapi di Indonesia Meletus, Nomor 3 Dekat Provinsi Bengkulu

Kurun Waktu 16 Hari, 6 Gunung Berapi di Indonesia Meletus, Nomor 3 Dekat Provinsi Bengkulu

pvmbg.dok--

RAKYAT BENTENG.COM - Tahukah anda bahwa terhitung tanggal 3 Januari 2023 lalu sebanyak enam gunung berapi di Indonesia mengalami erupsi. Keenam gunung tersebut terdiri dari, Gunung Anak Krakatau, Gunung Marapi, Gunung Semeru, Gunung Ili Lewotolok, Gunung Ibu dan Gunung Kerinci.

Dilansir dari MAGMA Indonesia, https://magma.esdm.go.id/v1/gunung-api/laporan

tercatat keenam gunung tersebut hingga hari ini, Kamis, 19 Januari 2023 atau kurun waktu 16 hari telah meletus total sebanyak 55 kali. Dengan letusan terbanyak Gunung Marapi sebanyak 27 kali, dan paling sedikit Gunung Ibu hanya satu kali letusan. 

Untuk diketahui, Indonesia terletak di wilayah Cincin Api Pasifik atau Ring of Fire. Cincin Api Pasifik adalah gugusan gunung berapi yang terletak di Samudera Pasifik. Hal itulah yang melatarbelakangi negara kita tercinta ini memiliki banyak gunung berapi.

Berikut disajikan data gunung berapi yang meletus di awal tahun 2023, merangkum dari MAGMA Indonesia

1. Gunung Api Anak Krakatau

Erupsi Gunung Anak Krakatau kali pertama terjadi pada hari Selasa, 03 Januari 2023, pukul 16:38 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 100 m di atas puncak (± 257 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal ke arah timur laut. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 47 mm dan durasi 22 detik.

Krakatau adalah gunung berapi yang terletak di pulau Rakata. Pulau ini terletak di Selat Sunda yang memisahkan pulau Jawa dan Sumatra. Secara administratif krakatau berada di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

2. Gunung Api Marapi 

Erupsi Gunung Api Marapi terjadi pada hari Sabtu, 07 Januari 2023, pukul 06:11 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 300 m di atas puncak (± 3191 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah tenggara. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 13.4 mm dan durasi 45 detik. Setelah letusan pertama, menyusul letusan-letusan di hari berbeda dengan jumlah total 27 kali. 

Dilansir dari Wikipedia, Gunung Marapi adalah gunung berapi yang terletak di Sumatra Barat (Sumbar). Gunung ini tergolong gunung yang paling aktif di Sumatra. Terletak dalam kawasan administrasi Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar. Gunung ini dapat juga dilihat dari Kota Bukittinggi, Kota Padangpanjang dan Kabupaten Tanah Datar.

3. Gunung Api Kerinci 

Erupsi Gunung Api Kerinci terjadi pada hari Rabu, 11 Januari 2023, pukul 05:46 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 900 m di atas puncak (± 4705 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur laut dan timur. Tercatat Gunung Kerinci mengalami letusan sebanyak 5 kali sejak tanggal 11 hingga 14 Januari 2023.

Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di pulau Sumatra dan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung Kerinci terletak di perbatasan Kabupaten Kerinci, Jambi dan Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: